Rektor Universitas Pertamina Ingatkan Pentingnya Kuasai 'Soft Skills'

    Ilham Pratama Putra - 28 Oktober 2020 18:42 WIB
    Rektor Universitas Pertamina Ingatkan Pentingnya Kuasai 'Soft Skills'
    Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka. Foto: Zoom
    Jakarta: Universitas Pertamina hari ini, Rabu, 28 Oktober 2020 mewisuda mahasiswanya untuk ke tiga kalinya dalam tahun ini. Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka berpesan kepada lulusanya, agar menguasai soft skills sebagai bekal memasuki dunia kerja.

    “Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 lulusan sekalian harus mempunyai banyak keterampilan saat masuk ke dunia kerja,” ujar Akhmaloka dalam sidang terbuka wisuda Universitas Pertamina yang digelar secara virtual, Rabu, 28 Oktober 2020.

    Keterampilan itu antara lain, mampu menyelesaikan persoalan yang rumit, mampu berpikir kritis, dan memiliki daya kreativitas yang tinggi.  Kemampuan bekerja sama juga menjadi aspek penting lulusan di abad 21.

    “Selanjutnya adik-adik harus memiliki kecerdasan tinggi, membuat keputusan yang tepat dan cepat, andal bernegosisai, fleksibel, dan adaptif,” lanjut dia.

    Tak lupa dia mengingatkan, bahwa selama masa perkuliahan, segala kegiatan penelitian, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi juga harus dijalankan. Tiap bidang keilmuan harus dielaborasi.

    “Sebab pengaplikasian iptek, dan interaksi berbagai bidang keilmuan yang telah didapatkan pada masa perkuliahan sangat diperlukan di dunia kerja,” sambungnya.

    Baca juga:  Kampus Dituntut Berperan Atasi Kompleksitas Sosial dengan Teknologi

    Lebih lanjut, di dunia kerja para lulusan juga diminta beradaptasi dengan perbedaan. Di dunia kerja para lulusan akan menghadapi banyak perbedaan budaya antarsesama manusia dan perbedaan kemampuan iptek.

    “Memahami keterbuakaan akan perbedaan budaya dan iptek jadi sikap penting. Dengan sikap terbuka adak bisa mempelajari mempermasalahan, melalui perbedaan perspektif, hal ini pada gilirannya akan memperkaya penguasaan iptek adik-adik,” pungkas Akhmaloka.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id