Wapres Resmikan Peluncuran Program Santripreneur Berbasis UKMK Kelapa Sawit

    Arga sumantri - 01 Oktober 2020 11:32 WIB
    Wapres Resmikan Peluncuran Program Santripreneur Berbasis UKMK Kelapa Sawit
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Zoom
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan peluncuran progam Santripreneur Berbasis UKMK Kelapa Sawit. Program ini merupakan upaya kolaborasi untuk pemberdayaan pesantren dan industri kelapa sawit Tanah Air.

    "Pesantren sebagai aset umat sangat berpotensi sebagai pengembangan kolaborasi dan kerja sama, pengembangan usaha, termasuk bagi komoditi sawit," ucap Ma'ruf dalam peluncuran dan webinar program Santripeneur Berbasis UKMK Kelapa Sawit, Kamis, 1 Oktober 2020.

    Ma'ruf menyatakan, melalui program ini pesantren di daerah penghasil komoditi sawit seperti Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Riau diharapkan berperan menggerakkan ekonomi daerah. Terutama, dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi virus korona (covid-19).

    "Agar program ini berhasil, perlu dikembangkan kolaborasi melibatkan tiga entitas, yakni pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, dan pesantren," ujarnya.

    Ia menambahkan, pengembangan proses bisnis dari hulu ke hilir, mulai dari produksi, distribusi, dan pemasaran yang juga sangat dibutuhkan. Sivitas pesantren juga perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan, pemasaran, pengelolaan keuangan dan pengorganisasi sumber daya manusia, sehingga para santri meningkat kemampuan wirausaha.

    "Yang tidak kalah penting pedampingan secara berkelanjutan," ucap Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id