Panduan PTM Terbatas Disebut Permudah Guru dan Tenaga Kependidikan

    Ilham Pratama Putra - 02 Juni 2021 20:18 WIB
    Panduan PTM Terbatas Disebut Permudah Guru dan Tenaga Kependidikan
    Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril. Tangkapan layar.



    Jakarta: Pemerintah telah meluncurkan panduan penyelenggaraan pembelajaraan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA/SMK sederajat. Panduan tersebut sebagai turunan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

    Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril mengungkapkan, pada prinsipnya panduan ini ditujukan untuk para pendidik. Panduan ini, kata dia, merupakan alat bantu untuk menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi covid-19.

     



    "Penerima manfaat utamanya adalah guru dan tenaga kependidikan yang perlu mengontekstualisasikan panduan sesuai kondisi daerah dan satuan pendidikan,” kata Iwan dalam Peluncuran Panduan Penyelenggaran Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Rabu, 2 Juni 2021.

    Iwan mengatakan, panduan tersebut menitikberatkan pada ketentuan pokok penyelenggaraan pembelajaran. Sekaligus, berisi konsep-konsep implementasi pembelajaran di masa pandemi covid-19.

    Baca: Nadiem Mengaku 'Dicecar' Siswa Lewat Medsos agar Segera PTM Terbatas

    Panduan tersebut juga bicara mengenai pengelolaan dan jadwal pembelajaran di satuan Pendidikan selama PTM. Serta, rencana pelaksanaan dan jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran.

    "Di dalamnya pula, terdapat penjaminan mutu pembelajaran PAUD-Dikdasmen di masa pandemi covid-19, pemantauan pembelajaran dan tindak lanjut pengembangan pembelajaran," tuturnya.

    Iwan menambahkan, panduan ini dipusatkan pada prisnsip kebijakan pendidikan di masa pandemi covid-19, yang menekankan pada kesehatan dan keselamatan murid, tenaga kependidikan, keluarga serta masyarakat. Makanya, penyelenggaran PTM terbatas harus juga memenuhi daftar periksa terkait protokol kesehatan.

    "PTM terbatas dapat dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh dan pemerintah pusat dan daerah perlu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di satuan pandemi," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id