Produk Peneliti Dipasarkan Melalui Jaringan Kalbe - Medcom

    Produk Peneliti Dipasarkan Melalui Jaringan Kalbe

    Siti Yona Hukmana - 03 Mei 2018 20:28 WIB
    Produk Peneliti Dipasarkan Melalui Jaringan Kalbe
    Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), Vidjongtius

    Jakarta: Produk peneliti pemenang Ristekdikti-Kalbe Science Award (RKSA) 2018 akan dipasarkan melalui jaringan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe). Untuk mengoptimalkan hilirisasi penelitian, Panitia Ristekdikti-Kalbe Science Award (RKSA) 2018 mengubah format pemberian hadiah bagi peneliti pemenang, dari uang tunai menjadi dana penelitian.

    Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), Vidjongtius mengatakan,
    produk yang dihasilkan peneliti dalam RKSA 2018, akan dipasarkan melalui jaringan Kalbe. Namun, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk menggandeng industri lain.

    "Kalbe memang kita harapkan untuk dapat memasarkannya, tapi tidak menutup kemungkinan nanti mitra-mitra Kalbe atau industri lain yang memang cocok juga ikut memasarkan,," ucapnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Vidjongtius juga menyampaikan, Panitia Ristekdikti-Kalbe Science Award (RKSA) 2018 mengubah format pemberian hadiah bagi peneliti pemenang RKSA, dari uang tunai menjadi dana penelitian. Hadiah berbentuk uang tunai dinilai tidak cukup kuat dan efektif mendorong hilirisasi penelitian.

    Vidjongtius mengatakan, perubahan format tersebut untuk memperbaiki hilirisasi hasil penelitian agar dapat dikomersialkan. Sebab, kata dia, penelitian pada tahun sebelumnya masih belum sesuai harapan.

    "Ya karena kami belajar dari beberapa RKSA sejak 2008, banyak yang hanya berhenti di penelitian. Terus waktu kita hendak bawa ke hilirisasinya itu banyak yang belum siap," kata Vidjongtius.

    Menurut Vidjongtius, hal tersebut terjadi karena terbentur beberapa hal, tidak sesuai dengan pasar misalnya. "Jika begitu, memang tidak bisa kita komersilkan," ungkapnya.

    Pertimbangan itu yang membuat format program Ristekdikti-Kalbe Science Award 2018 ini diubah, agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.  Vidjongtius mengaku, dengan format pendanaan penelitian, peneliti dapat melakukan penelitian secara lebih fokus dan terarah selama periode 12 hingga 18 bulan.

    Sementara itu, untuk produk penelitian, petinggi Kalbe ini mengatakan akan fokus terhadap produk kesehatan. "Jadi kesehatan itu bisa berarti farma, makanan dan minuman kesehatan bisa juga nanti dalam arti digital (e-health).   Itu ada hal-hal yang memang kita angkat supaya memang hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat luas," ujarnya.

    Program Ristekdikti-Kalbe Science Award (RKSA) 2018 merupakan kegiatan yang telah dilakukan enam kali sejak tahun 2008.
     


     



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id