Top 3 Populer Pendidikan: 'Korban' Belajar Daring dan Prestasi Pelajar Indonesia

    Arga sumantri - 20 Oktober 2020 07:04 WIB
    Top 3 Populer Pendidikan: 'Korban' Belajar Daring dan Prestasi Pelajar Indonesia
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kasus bunuh diri seorang siswi SMA di Gowa, Sulawesi Selatan, cukup banyak menyedot perhatian pembaca kanal Pendidikan Medcom.id sepanjang Senin, 19 Oktober 2020. Pelajar berinisial MI, 16, diduga bunuh diri akibat depresi mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring.

    Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan angkat suara. Dua berita teratas yang disoroti pembaca yakni pernyataan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

    Membuntuti isu kasus bunuh diri pelajar tersebut, berita tentang prestasi seorang siswa Indonesia yang 'merajai' olimpiade matematika internasional juga banyak dilirik pembaca. Pelajar berprestasi ini ialah Stanve Avrilium Widjaja, siswa kelas 12 SMA Kristen Iman, Pengharapan dan Kasih (Ipeka) BSD, Tangerang Selatan.

    Berikut rangkuman tiga berita terpopuler di kanal Pendidikan Medcom.id sepanjang Senin, 19 Oktober 2020.

    1. PJJ Renggut Nyawa, Kemendikbud: Penyederhanaan Beban Tugas Tak Berjalan

    Kemendikbud menduga kasus ini disebabkan ada yang salah dalam implementasi PJJ daring. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri menyebut situasi itu terjadi akibat kebijakan penyederhaan beban tugas tak berjalan.

    Jumeri menyebut sudah sering mengingatkan dinas pendidikan agar mengarahkan sekolah untuk tidak membebani siswa dengan tugas selama PJJ daring. Evaluasi dan koordinasi diklaim sudah pula sering dilakukan.

    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Kasus Siswi Bunuh Diri Menambah Daftar 'Korban' Belajar Daring

    Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti menyatakan kasus bunuh diri siswi di Gowa ini menjadi peringatan keras bagi semua pemangku kepentingan. Apabila terbukti siswi tersebut nekat mengakhiri hidup karena depresi PJJ, maka ini merupakan 'korban' kedua kebijakan belajar daring.

    Korban' pertama PJJ, kata Retno, yakni seorang anak berusia delapan tahun di Lebak, Banten. Ia meninggal diduga dianiaya orang tua akibat stres mendampingi sang anak belajar di rumah.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Siswa Indonesia Rajai Olimpiade Matematika Internasional

    Stanve Avrilium Widjaja, siswa kelas 12 SMA Kristen Iman, Pengharapan dan Kasih (Ipeka) BSD menyabet emas di ajang International Mathematical Olympiad (IMO) 2020. Ia juga meraih emas pada ajang Tuymaada International Olympiad (Tuymadaa).

    IMO 2020 diikuti 616 peserta dari 105 negara. Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat menjadi kompetitor terberat. Sedangkan, Tuymaada International Olympiad (Tuymaada) merupakan kompetisi internasional tahunan yang diadakan di Rusia untuk siswa berusia di bawah 18 tahun. Ajang ini iikuti 151 peserta dari tujuh negara, di antaranya Rusia, Kazakhstan, dan Iran.

    Baca berita selengkapnya di sini

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id