Lima Prodi UNS Diajukan untuk Dapat Hibah Kampus Merdeka

    Arga sumantri - 06 Februari 2021 10:27 WIB
    Lima Prodi UNS Diajukan untuk Dapat Hibah Kampus Merdeka
    Rektor UNS Jamal Wiwoho. Dok Humas UNS



    Solo: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho menyebut telah mengajukan lima Program Studi (Prodi) untuk mendapatkan hibah program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kelima prodi itu ada di empat fakultas.

    Jamal memerinci, lima prodi yang diajukan ialah Agroteknologi dari Fakultas Pertanian (FP) UNS, Teknik Mesin dan Teknik Elektro dari Fakultas Teknik (FT) UNS, Fisika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.






    "Mari kita berdoa bersama-sama agar lima Prodi yang kita ajukan di tingkat nasional dapat memperebutkan Rp500 miliar untuk itu (Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar)," ujar Jamal mengutip siaran pers UNS, Sabtu, 6 Februari 2021.

    Jamal mengatakan dari dana yang disediakan Kemendikbud, UNS menganggarkan Rp25,7 miliar untuk kelima Prodi yang diajukan. Ia menambahkan, UNS juga akan memberikan dana tambahan bagi Prodi yang mampu melengkapi Indikator Kinerja Utama (IKU).

    Baca: Cegah Covid-19, Pakar Farmasi UNS: Jangan Kalap Konsumsi Vitamin

    Dana tambahan tersebut, kata Jamal, sebagai Hibah Lompatan IKU. Nantinya, Prodi yang dinilai layak mendapatkan dana Hibah Lompatan IKU akan mendapatkan Rp1,5 miliar.

    Hibah lompatan IKU diberikan untuk mendorong setiap Prodi menerapkan langkah-langkah akseleratif pascapenetapan status UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) pada Oktober tahun lalu.

    "Kebijakan yang akseleratif kami juga telah menyiapkan dana. Bagi Prodi-Prodi di fakultas, tahun 2021 kami siapkan Rp19,7 miliar untuk semuanya, jadi siapa yang bisa melengkapi IKU-IKU itu," jelasnya.

    Dalam kesempatan ini, Jamal juga memuji langkah akseleratif Dekan FP UNS, Samanhudi yang menargetkan enam prodi untuk mendapatkan akreditasi internasional pada tahun ini. Keenam Prodi tersebut adalah Agroteknologi, Ilmu Tanah, Peternakan, Agribisnis, Penyuluhan Komunikasi Pertanian, dan Ilmu Teknologi Pangan (ITP). Nantinya, kelima Prodi akan terakreditasi The Agency for Quality Assurance through the Accreditation of Study Programs. 

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id