comscore

BPOM Siap Dukung Vaksin Merah Putih Hingga Tahap Produksi

Renatha Swasty - 28 Juni 2022 11:21 WIB
BPOM Siap Dukung Vaksin Merah Putih Hingga Tahap Produksi
Kepala BPOM Penny K Lukito. DOK Unair
Jakarta: Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI mengizinkan uji klinik tahap 3 Vaksin Merah Putih. Uji klinik bisa dilanjutkan setelah tidak ditemukan implikasi efek samping yang membahayakan subjek pada saat uji klinis tahap 2. 

Kepala BPOM RI Penny K Lukito menyebut pihaknya mendampingi dari awal perencanaan pembuatan. Dia memastikan pihaknya bakal mendampingi hingga produksi. 
“Dan akan terus kita bantu tingkatkan dan kembangkan hingga bisa digunakan untuk penggunaan normal,” ujar Penny dikutip dari laman unair.ac.id, Selasa, 28 Juni 2022. 

Dia sangat bangga vaksin buatan anak negeri bisa sampai uji klinis tahap 3. “Karena memang ini vaksin manusia pertama karya Indonesia yang semuanya mulai dari benih virus, penelitian, hingga proses pengerjaanya murni dari kolaborasi berbagai elemen bangsa Indonesia. Jadi, ini sangatlah membanggakan,” kata Penny.

Dia berharap melalui Vaksin Merah Putih ke depan Indonesia bisa mengembangkan lebih banyak vaksin. Mengingat, basis yang dibutuhkan mulai dari penelitian, sarana laboratorium, hingga fasilitas produksi untuk uji klinis sudah tersedia melalui pembuatan Vaksin Merah Putih .

“Dengan adanya fasilitas produksi vaksin pertama di Indonesia ini bisa memperkuat kemandirian vaksin dan obat negara kita,” tutur dia. 

Penny optimistis vaksin covid-19 Merah Putih bisa lolos uji klinis tahap 3 dan mendapatkan hasil memuaskan. Sehingga, bisa dilanjutkan untuk produksi massal dan dikomersilkan. 

Dia menyebut hal itu tak lepas dari hasil yang telah didapatkan pada uji klinis tahap 1 dan 2 yang juga menunjukkan Vaksin Merah Putih aman.

“Apalagi Vaksin Merah Putih ini termasuk golongan vaksin inactivated virus yang terbukti aman dan metodenya banyak digunakan untuk pembuatan vaksin di berbagai negara. Sehingga, harapannya pada uji klinis tahap 3 ini juga mendapatkan hasil yang diinginkan,” ujar dia. 
 
Baca juga: Peneliti Pastikan Vaksin Merah Putih Dapat Menangkap Varian Virus Terbaru


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id