comscore

Mengenal Zat Plasma, Wujud Zat yang Keempat Selain Padat, Cair, dan Gas

Medcom - 24 Juni 2022 20:23 WIB
Mengenal Zat Plasma, Wujud Zat yang Keempat Selain Padat, Cair, dan Gas
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Pernahkah Sobat Medcom melihat petir? Kalau dilihat dari wujudnya, kilatan cahaya tersebut termasuk zat padat, cair, atau gas?

Rupanya, petir bukanlah berwujud zat padat, cair, maupun gas. Fenomena alam yang biasanya terjadi pada musim hujan ini merupakan contoh dari zat plasma.
Zat plasma sepintas memang terlihat mirip dengan gas, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar. Melansir laman Zenius, zat yang juga disebut sebagai the fourth state of matter ini terjadi akibat gas dipanaskan dengan temperatur sangat tinggi.

Untuk mengetahui proses pembentukan zat plasma, perlu diingat bahwa molekul gas biasa terbuat oleh atom-atom individu. Atom tersebut memiliki nukleus bermuatan positif yang dikelilingi elektron bermuatan negatif.

Ketika gas mendapatkan panas yang tinggi, elektron ini terlepas dari nukleus. Atom pun lantas mengalami ionisasi, di mana bisa menjadi ion positif atau negatif saat menerima atau melepas elektron.

Campuran dari partikel bermuatan positif dan negatif itulah yang disebut dengan plasma.  Zat plasma tidak memiliki volume tetap, layaknya zat gas.

Namun, karena ada proses ionisasi, partikel zat plasma memiliki aktivitas yang jauh berbeda dengan zat gas. Dalam wadah seperti bola kaca dengan pengaruh listrik medan elektromagnetik, zat plasma bisa terlihat menyerupai pancaran atau filamen.

Hal ini sebagaimana yang terjadi pada fenomena petir.  Selain petir, zat plasma juga bisa dijumpai secara alami di seluruh alam semesta. Beberapa contohnya ialah matahari dan aurora.

Lantaran memiliki banyak elektron bebas, zat plasma bisa menjadi konduktor yang baik. Itulah sebabnya, zat ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari, seperti dalam pembuatan lampu neon, layar komputer, pelapis ubin, dan masih banyak lagi. (Nurisma Rahmatika)

Baca juga:  Mengenal Partikel Atom dan Rumus Massa Atom Relatif
 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id