comscore

Baru 10% Praktisi Terserap di Perguruan Tinggi, di Malaysia Capai 26%

Ilham Pratama Putra - 24 Juni 2022 16:12 WIB
Baru 10% Praktisi Terserap di Perguruan Tinggi, di Malaysia Capai 26%
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbduristek) terus mendorong agar praktisi dan perguruan tinggi berkolaborasi. Utamanya dalam pemberian bahan ajar kepada mahasiswa.

Kepala Program Praktisi Mengajar, Gamaliel Waney mengatakan, sejatinya peran praktisi untuk memberikan gambaran dunia kerja yang nyata sangat penting. Namun disayangkan, keberadaan praktisi di perguruan tinggi masih rendah.
"Saat ini di Indonesia ada 113 juta praktisi dan 13,4 juta praktisi ahli. Tapi baru 10 persen yang terserap di perguruan tinggi," kata Gama dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, dikutip Jumat 24 Juni 2022.

Jumlah keterserapan itu, kata dia, juga sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain. Contohnya, negara tetangga, Malaysia. "Malaysia itu 26 persen praktisi terlibat," ungkapnya.

Untuk itulah pihaknya menelurkan program Praktisi Mengajar. Program ini membuka kolaborasi yang luas bagi praktisi dan perguruan tinggi.

"Jadi mudah-mudahan dengan program ini dapat meningkatkan keterlibatan praktisi di perguruan tinggi, kolaborasi dengan praktisi  ini akan meningkatkan kompetensi mahasiswa," tutupnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Praktisi Mengajar Tak Menggantikan Peran Dosen

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id