KPAI Kritisi Medsos Anak Terima Endorsement

    Intan Yunelia - 23 Juli 2019 14:42 WIB
    KPAI Kritisi Medsos Anak Terima <i>Endorsement</i>
    Anggota Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti . Medcom.id/Intan Yunelia.
    Jakarta:  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengkritisi prilaku orang tua yang kerap mengunggah foto maupun video anak di media sosial sebagai ajang komersialisasi jasa atau produk yang dikenal dengan endorsement

    “Membahayakan anak.  Membahayakan anak itu jatuhnya melanggar,” kata Anggota Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti di Kantor KPAI, Menteng, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.

    Menurut Retno, kondisi anak terutama yang masih usia di bawah lima tahun (balita) masih rentan dan berisiko jika terlalu dipublikasi di media sosial. Endorsment barang atau jasa di media sosial sah-sah saja dilakukan, jika si anak sudah mengerti dan dapat berpendapat tentang apa yang dilakukannya. 

    “Dia (orangtua) mengerti enggak sama risiko. Kalau ngerti risiko mungkin dia punya cara untuk mengatasi hal itu. Tapi kalau saya mengusulkan, agar anak-anak di medsos tidak terima endorsement anak-anak. Kecuali dia sudah berusia paling tidak 13 tahun,” ujar Retno.

    Baca:  Semangati Anak Indonesia, 'Mama Yo' Ungkap Resep Jadi Profesor

    Ia menjabarkan, bentuk eksploitasi ada dua macam. Pertama anak di bawah umur dipaksa menjadi media pemasaran komersialisasi barang dan jasa. Kedua, hasil dari endorsment tidak dipergunakan untuk kebutuhan dasarnya. 

    “Yang eksploitasi, yang dipaksa anak, tapi anak enggak suka, dia sendiri dia juga enggak ngerasain (uang hasil endorsement). Tapi kalau anak enggak mau jangan dipaksa. Kalau sudah lelah jangan dipaksa. Harus mengerti kondisi dan mood anak, apakah lagi senang, bugar.  Itu mengikuti dan anak itu enggak boleh diperkerjakan lebih dari tiga jam,” pungkasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id