Menristek Wanti-wanti Transparansi Pelaporan Dana Riset

    Intan Yunelia - 13 Januari 2020 20:12 WIB
    Menristek Wanti-wanti Transparansi Pelaporan Dana Riset
    Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro di BPK. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta:  Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mendorong perguruan tinggi mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam melakukan riset dan penelitian.  Khususnya transparansi dalam pelaporan dana riset. 

    "Kami meskipun unitnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara hierarkis berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan namun untuk aspek penelitiannya tentu kami juga harus bekerja sama.  Supaya transparansi dan akuntabilitas dari laporan keuangan kegiatan riset menjadi lebih baik," kata Bambang usai menghadiri Forum Koordinasi BPK dengan Pengawas Internal di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di Gedung BPK, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Dalam forum pertemuan dengan BPK tersebut, Bambang mengharapkan perguruan tinggi menghasilkan laporan yang komprehensif.  Begitu juga predikat laporan keuangan perguruan tinggi. 

    "Kita menginginkan segala sesuatunya lancar dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan tidak ada pelanggaran keuangan sama sekali," ujar Bambang.

    Tak hanya itu, perguruan tinggi diminta untuk berkomunikasi intensif dengan pihak BPK. Terutama apabila ditemukan adanya kejanggalan dalam sebuah laporan keuangan. 

    "Kalau auditee (organisasi atau pihak yang sedang diaudit) masih melakukan beberapa hal yang belum sesuai, auditor harus mengingatkan untuk melakukan perbaikan. Kalau auditee tetap tidak memperbaiki baru kemudian auditor harus menyatakan dengan tegas kalau auditee tersebut belum melaksanakan sesuai dengan ketentuan dan harus ada tindak lanjut yang serius," pungkasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id