61 Mahasiswa Unpad Lolos Program IISMA 2021

    Ilham Pratama Putra - 17 Juni 2021 20:21 WIB
    61 Mahasiswa Unpad Lolos Program IISMA 2021
    Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.



    Jakarta: Sebanyak 61 mahasiswa Universitas Padjadjaran lolos seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Para mahasiswa tersebut berkesempatan kuliah di luar negeri.

    Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny menjelaskan, IISMA merupakan program beasiswa prestisius yang diberikan Dikti. Melalui beasiswa ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan jejaring di tingkat internasional.

     



    "Beasiswa ini membantu mahasiswa memperoleh pengalaman mumpuni ketika nanti mereka lulus dari perguruan tingginya," kata Ronny dalam siaran pers Unpad, Kamis, 17 Juni 2021.

    Baca: 65 Mahasiswa UB Lolos Program IISMA 2021

    Beasiswa ini terasa prestisius karena memiliki seleksi cukup ketat. Pelamar diwajibkan memiliki prestasi atau catatan akademik yang baik, memiliki kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan adanya dokumen resmi, serta persyaratan menunjang lainnya.

    Tercatat, dari 2.500 pelamar IISMA se-Indonesia, hanya 1.000 kandidat yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut.

    "Yang daftar kebanyakan IPK-nya tinggi, IELTS-nya juga tinggi. Bersyukur di tengah kondisi kompetitif tersebut, 61 mahasiswa Unpad bisa terpilih untuk berangkat dan menimba ilmu di negara tujuan," kata Ronny.

    Ronny menjelaskan, selama satu semester, 61 mahasiswa Unpad akan mengikuti perkuliahan secara langsung dengan perguruan tinggi tujuan pada September-Desember mendatang. Seluruh biaya, mulai dari biaya kuliah, tiket, visa, hingga biaya hidup, ditanggung oleh Dikti.

    "Beasiswa ini memang menargetkan mahasiswa Indonesia untuk ke luar negeri, tinggal di sana, belajar, dan cari pengalaman," kata Ronny.

    Baca: 52 Mahasiswa UNAIR Raih Kesempatan Kuliah di Luar Negeri

    Selama satu semester, mahasiswa tidak hanya mengikuti materi perkuliahan, tetapi juga mengikuti ujian. Hasil ujian tersebut bisa ditransfer dan dikonversi ke dalam capaian pembelajaran dari program studi mahasiswa tersebut berasal.

    Ronny berharap, mahasiswa Unpad penerima beasiswa IISMA bisa membangun jejaring dengan perguruan tinggi tujuan. Selain itu, mahasiswa juga didorong sebagai duta yang akan mempromosikan Unpad ke perguruan tinggi tujuan.

    "Mengingat hampir 70-80 persen perguruan tinggi tujuan peserta belum menjalin MoU dengan Unpad, sehingga bisa membangun jejaring baru dengan Unpad. Diharapkan, visi Unpad bermanfaat dan mendunia bisa tercapai," ujar Ronny.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id