Guru Kunjung, Sistem Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus

    Ilham Pratama Putra - 28 Juli 2020 16:16 WIB
    Guru Kunjung, Sistem Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus
    Ilustrasi. Foto: Antara/Zabur Karuru
    Jakarta: Pendidikan anak berkebutuhan khusus turut menjadi perhartian di tengah pandemi covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikud) bakal meninjau kesiapan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

    "Anak berkebutuhan khusus ini kita perhatikan sehingga proses belajar mereka tidak berhenti, nanti akan kami cek lebih lanjut bagaimana penerapannya," kata Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Na'im dalam konferensi video daring, Selasa, 28 Juli 2020.

    Menurutnya pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dapat didorong dengan adanya guru kunjung. Sebab, sekolah tatap muka untuk anak-anak itu baru akan dimulai lima bulan mendatang.

    "Kita setting misalnya di tempat publik yang paling dekat dengan rumah mereka misalnya. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk jumlah anak yang relatif kecil, tiga sampai empat orang mendapat guru kunjung," lanjut dia.

    Selain untuk menangani anak berkebutuhan khusus, keberadaan guru kunjung juga bisa untuk mengatasi permasalahan anak didik lainnya. Terutama kehadiran guru konseling, untuk memperhatikan kesehatan mental siswa.

    Baca: Banyak Dilanggar, Aturan Pembukaan Sekolah Kurang Sosialisasi

    "Kesehatan tidak hanya fisik tapi menyeluruh termasuk kesehatan mental sehingga peran guru konseling penting juga kita aktifkan," kata Ainun.

    Guru-guru yang menyambangi siswa ini juga diharapkan mampu memberikan materi pembelajaran yang menyenangkan. Sebab, potensi anak bosan dengan pembelajaran daring sangat tinggi di tengah pandemi.

    "Guru-guru juga bisa sharing untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan saat tidak bisa PJJ. Jadi dengan tidak sekedar memberi tugas. Siaran seperti di TVRI itu kan juga menghibur, jadi bisa dikombinasikan," ujarnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id