UI: Pandemi Buka Peluang Merancang Ulang Ibu Kota Negara

    Arga sumantri - 07 September 2020 18:08 WIB
    UI: Pandemi Buka Peluang Merancang Ulang Ibu Kota Negara
    Kampus UI. Dok Humas UI.
    Depok: Pakar Perancangan Kota Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) Antony Sihombing menuturkan, pandemi virus korona (covid-19) menjadi kesempatan baik untuk kembali mendefinisikan rancangan sebuah kota (redesign) yang baik. Hal ini agar sesuai dan siap dengan fenomena pandemi, khususnya pada Ibu Kota Negara. 

    Ia menyatakan, para ahli dan perancang kota tentunya punya visi bagaimana proses penyesuaian itu akan tetap menjaga, bahkan meningkatkan kualitas Ibu Kota Negara yang baru. Selain itu, konsep smart city tentunya memainkan peranan penting dalam kehidupan di era new normal. 

    "Penggunaan Information Technology (IT) dan Artificial Intelligence (AI) yang semakin maju tentunya turut menentukan kota-kota di masa depan," kata Antony melalui keterangan tertulis, Senin, 7 September 2020.

    Baca: THE World University Ranking: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

    Ia menambahkan, arsitek dan perencana kota juga berhubungan dengan bidang kesehatan. Perancangan yang dibuat diarahkan untuk membuat tempat kehidupan manusia yang memenuhi kesehatan masyarakat, nyaman dan aman. 

    "Kebijakan physical distancing juga mengubah standar ruang kerja dan dalam konteks yang lebih luas, mengubah nilai ekonomi suatu bangunan. Faktor risiko penyebaran penyakit menjadi penting dalam menentukan arah bisnis perkantoran dan retail secara signifikan," ujar Antony.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id