Asosiasi Guru PAI Minta Kejelasan Posisi Pengawas Sekolah di PP 57

    Citra Larasati - 19 April 2021 19:26 WIB
    Asosiasi Guru PAI Minta Kejelasan Posisi Pengawas Sekolah di PP 57
    Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: Istimewa



    Jakarta:  Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPP AGPAII) meminta kejelasan posisi Pengawas Pendidikan dalam PP 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

    "Sebab di dalam PP tersebut tidak menjelaskan kedudukan dan tugas pokok pengawas," kata Ketua Umum DPP AGPAII, Mahnan Marbawi, dalam surat pernyataan sikap DPP AGAII terhadap PP 57 Tahun 2021, Senin, 19 April 2021.






    Hal itu tertuang dalam satu dari lima pernyataan sikap DPP AGPAII menyikapi diterbitkannya PP 57 tahun 2021.  Keluarnya PP tertanggal 31 Maret 2021 tersebut juga sebelumnya menuai protes dari sejumlah masyarakat pendidikan.

    Baca juga:  PGRI Pertanyakan Hilangnya Peran Pengawas Sekolah di PP 57 Tahun 2021

    Salah satunya karena di PP tersebut tidak mencantumkan Pancasila sebagai landasan dalam SNP dan Bahasa Indonesia dalam struktur kurikulum.  Padahal sejatinya, kata Mahnan, pendidikan adalah sarana yang paling tepat untuk menanamkan ideologi Pancasila. 

    Pendidikan tanpa ideologi Pancasila akan berakibat ruang kosong ideologis dalam pendidikan diisi oleh ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi pegangan moral bangsa.  

    Berikut lima pernyataan sikap DPP AGPAII merespons PP 57 tahun 2021:
      
    1. DPP AGPAII meminta kepada pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) merevisi PP 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan di semua jenjang Pendidikan.  

    2. Dalam melakukan revisi PP 57 tahun 2021 tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melibatkan Kementerian Agama dan stakeholder terkait. 

    3. DPP AGPAII meminta kepada pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) untuk memasukan Pendidikan Pancasila dan Bahasa Indonesia di semua jenjang Pendidikan. 

    4. Meminta kejelasan posisi Pengawas Pendidikan dalam PP 57 Tahun 2021. Sebab PP tersebut tidak menjelaskan kedudukan dan tugos pokok pengawas. 

    5. Meminta kepada BPIP untuk mengawal Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia masuk dalam Sistem Pendidikan Nasional. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id