MRPTNI Usul Ada Wakil Mendikbud-Ristek, Berasal dari Rektor PTN

    Ilham Pratama Putra - 16 April 2021 11:05 WIB
    MRPTNI Usul Ada Wakil Mendikbud-Ristek, Berasal dari Rektor PTN
    Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Jamal Wiwoho. Foto: Dok Humas UNS.



    Jakarta: Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menilai tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan semakin berat dengan bergabungnya Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). MRPTNI pun menilai butuh sosok wakil menteri.

    "Perlu adanya wakil menteri Mendikbud-Ristek dari rektor perguruan tinggi," kata Ketua MRPTNI Jamal Wiwoho kepada Medcom.id, Jumat, 16 April 2021.






    Jamal menyebut sejumlah rektor dari Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia pantas menjadi wakil menteri. Contohnya, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria, Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

    "Misalnya IPB, UI, UGM, ini berkaitan dengan kegiatan penelitian dan indikator lainnya dari kampus tersebut," ujar Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) itu.

    Baca: Majelis Rektor Nilai Nadiem Mampu Pimpin Kemendikbud-Ristek

    Diketahui Rektor IPB University ialah Arif Satria, lalu Rektor UI ialah Ari Kuncoro, dan Rektor UGM yakni Panut Mulyono. Sosok wakil menteri diyakini akan meringankan kerja Mendikbud-Ristek.

    "Artinya bekerja kalau dibagi lebih ringan, bisa sharing pengalaman, sharing otoritik, sharing kritik, saling diskusi, hasil diskusi diambil lalu dikeluarkan sebagai kebijakan akan lebih bagus," ungkapnya.

    Namun, kata Jamal, keputusan terkait wakil menteri maupun sosoknya, sepenuhnya kewenangan Presiden Joko Widodo. Tak ada yang bisa memprediksi keputusan Kepala Negara.

    "Sama saat pemilihan menteri. Kita juga enggak pernah menduga Pak Nadiem Makarim jadi menteri, karena prerogatif. Begitu Presiden mengumumkan, kita ikuti program kerjanya," tutur Jamal.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id