SNMPTN/SBMPTN 2021

    Mengenal Jalur Masuk UI Selain SNMPTN dan SBMPTN

    Ilham Pratama Putra - 07 Januari 2021 18:00 WIB
    Mengenal Jalur Masuk UI Selain SNMPTN dan SBMPTN
    Kampus UI. Foto/Dok. UI.
    Jakarta: Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Hal itu membuat persaingan masuk UI menjadi ketat, utamanya saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

    Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Gunawan mengatakan, porsi yang diberikan untuk calon mahasiswa S1 reguler untuk SNMPTN dan SBMPTN memang terbatas. Sebesar 20 persen dapat diperebutkan di jalur SNMPTN, dan 30 persen melalui SBMPTN.

    "50 persen sisanya melalui seleksi Masuk (SIMAK) UI," kata Gunawan dalam Sosialisasi SNMPTN, UTBK, SBMPTN dan Jalur Masuk UI 2021 yang digelar secara daring, Kamis, 7 Januari 2021.

    Baca juga:  SNMPTN 2021, Ini Cara Registrasi Akun LTMPT

    Selain itu pihaknya juga membuka S1 Paralel. Atau lulusan D3 yang melanjutkan studi ke S1.  "50 persen kuotanya lewat Simak UI dan 50 persennya lagi melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)," sambung Gunawan.

    Kemudian UI juga membuka pendaftaran S1 Kelas Internasional. Kelas ini membuka kuota sebanyak 40 persen melalui jalur PPKB dan 60 persen dari Simak UI.

    Jalur penerimaan berikutnya ada pada program vokasi. UI memberikan jalur Simak UI sebesar 30 persen untuk calon mahasiswa vokasi, dan 70 persen melalui jalur PPKB.

    Untuk pendaftarannya sendiri, Simak UI bisa dilakukan mulai 3 Mei hingga 9 Juni 2021. Jadwal Simak UI ini serempak untuk S1 Reguler, Vokasi, Kelas Internasional dan Paralel.

    Sementara pendaftaran PPKB yang hanya diikuti calon mahasiswa Vokasi, Kelas Internasional dan Paralel berlangsung mulai 4 Februari hingga 6 Maret 2021. Ujian seleksi berada di rentang 16 hingga 20 Juni 2021. Sedangkan pengumumannya diperkirakan sekitar 30 Juni 2021.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id