comscore

Konseling Hingga Forensik, Ini 5 Jenis Ilmu dalam Jurusan Psikologi

Medcom - 22 Juni 2022 14:30 WIB
Konseling Hingga Forensik, Ini 5 Jenis Ilmu dalam Jurusan Psikologi
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah terpopuler di kalangan mahasiswa. Bukan cuma di Indonesia, jurusan ini juga menjadi dambaan bagi mahasiswa di berbagai negara lain.

Popularitas jurusan ini dikarenakan materi perkuliahannya terbilang menarik dan relevan dengan kehidupan. Saking terasa relate-nya, mahasiswa psikologi sampai-sampai dicap sebagai tempat curhat (curahan hati) terbaik.
Memang tak sepenuhnya salah, sebab jurusan Psikologi mempelajari penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Disiplin ilmu ini juga berkaitan dengan riset dan perspektif dalam ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan, dan humaniora seperti filosofi.

Lantaran bakal sering berkutat dengan keluh kesah orang lain, calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di jurusan Psikologi mesti memiliki rasa empati tinggi. Mereka harus bisa mendengarkan orang lain dengan baik tanpa menghakiminya.

Agar tak mudah menghakimi orang lain, calon mahasiswa harus memiliki pikiran terbuka. Mereka juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga dapat memberikan solusi terbaik atas apa yang dialami orang lain.

Hal-hal yang akan dipelajari saat kuliah sebenarnya tergantung pada jenis ilmu psikologi yang ingin didalami. Dikutip dari akun Instagram @hotcourses_id, berikut lima jenis ilmu dalam jurusan Psikologi:

1. Psikologi Konseling

Dalam psikologi konseling, ada fokus khusus terhadap proses konseling dan hasil, supervisi dan latihan, pencegahan dan kesehatan, dan sebagainya. Seorang ahli psikologi konseling biasanya bekerja di universitas, perusahaan swasta, dan organisasi. 

2. Psikologi Forensik

Sebagai jembatan antara psikologi dan sistem keadilan, psikologi forensik berhubungan dengan kemampuan menggambarkan temuan psikologis ke dalam bahasa legal di ruang pengadilan.

3. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan gabungan antara sains, teori, dan pengetahuan klinis. Cabang ilmu ini berfokus untuk memahami, mencegah, dan menghilangkan stress atau disfungsi yang disebabkan oleh faktor psikologis.

4. Psikologi Pendidikan

Sesuai namanya, psikologi pendidikan berfokus pada cara manusia beradaptasi dan berkembang dalam pendidikan. Seorang psikolog pendidikan, misalnya, akan berfokus pada anak cerdas dalam hal pengembangan belajar mereka. 

5. Psikologi Kesehatan

Fokus utama psikologi kesehatan adalah pemahaman tentang bagaimana biologi, psikologi, lingkungan, dan faktor kultural terlibat dalam kesehatan psikis serta penyakit.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai jurusan Psikologi beserta cabang ilmunya. Tertarik berkuliah di jurusan ini dan menekuni salah satu cabang ilmu di atas? (Nurisma Rahmatika)

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Jepang: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id