comscore

Intip Biaya Ujian Mandiri di UI, ITB, IPB, dan Undip 2022

Medcom - 29 Juni 2022 15:47 WIB
Intip Biaya Ujian Mandiri di UI, ITB, IPB, dan Undip 2022
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 telah diumumkan pada 23 Juni 2022. Bagi yang tidak lolos jalur ini, bisa mendaftar seleksi mandiri.

Namun, perlu diperhatikan, biaya pendaftaran ujian mandiri di tiap PTN berbeda. Hal ini dikarenakan ujian mandiri dilaksanakan sendiri oleh masing-masing kampus, sehingga biayanya pun mengikuti kebijakan kampus.
Lantas, berapa biaya yang mesti dikeluarkan untuk mendaftar jalur mandiri? Melansir laman Akupintar, berikut adalah rincian biaya di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Diponegoro.

Universitas Indonesia (UI)

Biaya pendaftaran ujian mandiri di UI dibedakan berdasarkan program yang diambil. Untuk Program S1 Kelas Internasional, dikenakan biaya sebesar Rp1.500.000.

Sedangkan, biaya pendaftaran untuk Program S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi dibedakan lagi berdasarkan kelompok ujian. Kelompok Saintek dan Soshum dikenakan biaya sebesar Rp500.000 dengan pilihan maksimal dua program studi.

Adapun Kelompok Campuran dikenakan biaya sebesar Rp600.000 dengan pilihan maksimal tiga program studi. Namun, jika ingin menambah pilihan prodi, maka dikenakan biaya tambahan sebanyak Rp100.000 per satu prodi.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB menyamaratakan biaya pendaftaran ujian mandiri untuk semua program studi. Peserta, baik yang menggunakan KIP Kuliah maupun tidak, dikenakan biaya sebesar Rp500.000 dengan pilihan maksimal tiga program studi.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB menyediakan dua jalur seleksi mandiri, yakni Jalur Ujian Tulis Online dan Jalur Skor UTBK. Keduanya tentu dikenakan biaya yang berbeda.

Peserta diharuskan membayar sebesar Rp500.000 untuk mengikuti Jalur Ujian Tulis Online. Jalur ini hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK jurusan rumpun IPA.

Adapun untuk Jalur Skor UTBK, peserta dikenakan biaya sebesar Rp300.000. Jalur ini bisa diikuti oleh lulusan mana pun, asalkan memiliki skor UTBK 2022.

Universitas Diponegoro (Undip)

Biaya pendaftaran jalur Mandiri Undip dibedakan bedasarkan kelompok ujian yang dipilih. Kelompok Saintek dan Soshum dikenakan biaya sebesar Rp350.000, sedangkan Kelompok Campuran sebesar Rp500.000.

Demikianlah informasi mengenai biaya pendaftaran ujian mandiri di empat PTN berbeda. Jika ingin mendaftar di salah satunya, silakan cek situs resmi masing-masing kampus untuk memastikan apakah jalur tersebut masih dibuka. (Nurisma Rahmatika)

Baca juga: Seleksi Mandiri Unnes Digelar 13 Juli 2022, Intip Kisi-kisi Materi Tesnya


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id