Miris, Sarjana Lulusan Kampus Terbaik se-Asia Melamar Kerja Jadi Pembantu

    Rendy Renuki H - 12 Juni 2021 17:21 WIB
    Miris, Sarjana Lulusan Kampus Terbaik se-Asia Melamar Kerja Jadi Pembantu
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)



    Jakarta: Sulitnya mencari pekerjaan membuat seorang sarjana lulusan salah satu kampus terbaik se-Asia melamar kerja menjadi pembantu/asisten rumah tangga (ART).

    Kejadian itu diketahui usai dokumen lamaran kerja (CV) sarjana perempuan berusia 29 tahun viral di media sosial. CV itu diunggah penyedia jasa ART di Shanghai, Your Trust Home Service.

     



    Perempuan yang nama disensor di CV-nya tersebut merupakan sarjana lulusan Universitas Tsinghua di Tiongkok. Kampus yang menyandang peringkat satu terbaik se-Asia versi US News & World Report 2020, dan peringkat 15 terbaik di dunia versi QS World University Rankings 2020.

    Dia menggambarkan dirinya mahir berbahasa Mandarin dan Inggris. Sarjana perempuan itu pun mengklaim pandai memasak dan mengharapkan gaji 35 ribu yen (sekitar Rp78 juta).

    Manajer penyedia jasa pembantu rumah tangga pun membenarkan hal tersebut. Menurutnya, perempuan itu sudah diterima bekerja.

    "Dia memang langka, tapi bukan satu-satunya. Kami juga punya ART dengan gelar master dari kampus luar negeri," kata manajer Your Trust Home Service melansir Korea Times.

    Ketatnya persaingan kerja di Tiongkok juga diakui warganet. Apalagi setiap tahun tentunya kerap bertambah sarjana fresh graduate yang siap mencari kerja.

    Dalam dua tahun terakhir, lebih dari sembilan juta mahasiswa akan berstatus fresh graduate di Tiongkok. Sedangkan lebih dari 40 juta mahasiswa telah lulus, dan 77 persen sudah mendapatkan pekerjaan.

    "Fakta bahwa lulusan Tsinghua bekerja sebagai ART adalah tanda ketatnya persaingan di dunia kerja," ujar salah seorang netizen dalam postingan viral tersebut.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id