PPKM Darurat, Unej Tetap Buka Opsi UTBK SBMPTBR Luring

    Citra Larasati - 02 Juli 2021 22:23 WIB
    PPKM Darurat, Unej Tetap Buka Opsi UTBK SBMPTBR Luring
    Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah



    Jakarta: Universitas Jember (Unej) akan menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR). Kegiatan UTBK SBMPTBR digelar mulai 5 Juli hingga 12 Juli 2021 di Kampus Tegalboto.

    Namun panitia mengumumkan sejumlah penyesuaian, melihat perkembangan kasus covid-19 yang makin meningkat di Jember, Jawa Timur dan Indonesia.  Panitia memberikan kesempatan kepada peserta UTBK SBMPTBR yang ingin mengubah mekanisme seleksi, menjadi menggunakan nilai UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

     



    Ketua Panitia SBMPTBR 2021, Slamin menjelaskan, untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19, sebenarnya sejak awal panitia SBMPTBR telah memberikan dua pilihan mekanisme seleksi bagi calon peserta. Pertama, peserta dapat menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021.

    Jika peserta memilih cara pertama ini maka tidak perlu datang mengikuti UTBK di Jember dan tinggal menunggu pengumuman saja. “Namun ternyata masih banyak peserta yang lebih memilih untuk mengikuti UTBK SBMPTBR, dengan alasan tidak mengikuti SBMPTN 2021, atau merasa nilai UTBK SBMPTN yang diraih tidak cukup bagus sehingga tetap memilih ujian ke Jember,” jelas Slamin dikutip dari laman UNEJ, Jumat, 2 Juli 2021.

    Dari data yang ada, terdapat 3.932 peserta UTBK SBMPTBR, sementara peserta yang memakai mekanisme seleksi menggunakan nilai UTBK SBMPTN hanya berjumlah 1.951.  Sehingga total peserta SBMPTBR tahun ini berjumlah 5.883 orang.

    Baca juga:  Sebanyak 3.834 Peserta Lolos SBMPTN di Universitas Jember

    Panitia memberikan kesempatan bagi peserta UTBK SBMPTBR yang ingin mengubah mekanisme seleksi menjadi menggunakan nilai UTBK SBMPTN hingga 3 Juli 2021. "Caranya dengan masuk kembali ke laman sbmptbr.unej.ac.id dan ikuti panduan yang sudah disiapkan panitia,” imbau Slamin.

    Wakil Rektor I Universitas Jember ini lantas mengingatkan, bagi peserta yang tetap memilih mekanisme UTBK SBMPTBR agar selalu menjaga kesehatan dan membawa hasil rapid antigen atau PCR saat mengikuti UTBK nanti. “Penerbitan aturan peserta UTBK SBMPTBR wajib membawa hasil rapid antigen atau PCR.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id