BPPT: Ibu Kota Baru Berkonsep Serba Teknologi - Medcom

    BPPT: Ibu Kota Baru Berkonsep Serba Teknologi

    Intan Yunelia - 17 Oktober 2019 16:14 WIB
    BPPT: Ibu Kota Baru Berkonsep Serba Teknologi
    Foto aerial Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (31/8/2019). Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta:  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah mempersiapkan desain pembangunan ibu kota baru di Kalimantan dengan berkonsep teknologi. Rencananya pembangunan tersebut akan rampung di awal 2024 nanti.

    Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, BPPT ditunjuk menjadi tim koordinasi strategis yang fokus kepada perencanaan wilayah, tata ruang dan pertanahan. 

    “Kami akan kerahkan tidak hanya kepada satu bidang saja, tapi juga banyak sektor yang dapat disentuh oleh inovasi dan teknologi yang dimiliki BPPT,” kata Hammam, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.

    BPPT juga akan memberikan kontribusi untuk membantu di bidang lingkungan hidup dan kebencanaan. Salah satunya saat ini BPPT sedang mengembangkan teknologi Early Warning System. 

    “Jadi kami memberi rekomendasi juga agar di ibu kota baru ini dapat memanfaatkan teknologi dalam setiap aspek kebencanaan, baik dari sisi mitigasi, saat bencana, hingga pascabencana seperti evakuasi, dan lain-lain,” ujar Hammam.

    Tak hanya itu, BPPT juga akan berkontribusi dalam mendorong penerapan teknologi masa depan yang tepat untuk diimplementasikan di  ibu kota baru. Seperti teknologi pengelolaan sampah, air, energi, IT, transportasi dan lainnya.

    Menurut Hammam, membangun ibu kota yang ideal berbasis pada penerapan teknologi tentunya juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

    Hal tersebut bisa dimulai dari mempersiapkan clustering pada industri baru hingga membangun daerah tanpa menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan. “Bagaimana clustering terhadap industri-industri baru seperti kendaraan listrik, dan membangun sebuah daerah dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan, diharapkan tidak terjadi kerusakan terhadap hutan lindung,” tuturnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id