Peneliti: Perlu Ada Sertifikasi Guru Alquran

    Intan Yunelia - 08 November 2019 18:40 WIB
    Peneliti: Perlu Ada Sertifikasi Guru Alquran
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Kemampuan baca tulis Alquran di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) masih banyak yang di bawah standar. Temuan ini terungkap dari survei kemampuan baca tulis Alquran yang dilakukan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qu'an (LPMQ).

    Ketua Tim Penelitian Kemampuan Baca Tulis Alquran Mahasiswa UIN di Indonesia, Ahmad Jaeni mengatakan, penelitian ini dilakukan pada 14 UIN dengan metode ex post facto yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Peneliti memilih 50 responden dari setiap kampus, dengan komposisi 25 mewakili program studi (prodi) umum dan 25 prodi agama.

    Pengumpulan data dilakukan pada September 2019, dengan menggunakan empat instrumen yang secara teknis dilakukan secara simultan, yaitu tes kemampuan, kuosioner, wawancara, dan dokumentasi.

    "Kami menemukan, dari 700 responden yang diteliti, sebanyak 28,9 persen di antaranya adalah memiliki indeks kemampuan baca tulis Alquran di bawah 2 dari skala 1 – 5," kata Jaeni dalam siaran pers Kemenag, Jumat, 8 November 2019.

    Menurutnya, dengan mengasumsikan para mahasiswa ini telah mengenyam pembelajaran Alquran sejak usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) maka setidaknya ada dua faktor utama penyebab kemampuan baca tulis Alquran rendah. Pertama pembelajaran yang tidak tuntas, kemudian guru yang tidak kompeten.

    Faktor kompetensi guru juga menjadi sorotan publik. Sebab sebaik apapun metode yang digunakan guna keberhasilan pembelajaran Alquran sangat tergantung kepada kompetensi guru yang mengajar di kelas.

    “Sertifikasi guru Alquran menjadi instrumen yang niscaya dilakukan. Sertifikasi setidaknya bisa menjamin standar kompetensi guru Alquran," pungkasnya



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id