Siap-siap, Sebagian Soal UTBK Pakai Bahasa Inggris

    Ilham Pratama Putra - 27 Mei 2020 09:09 WIB
    Siap-siap, Sebagian Soal UTBK Pakai Bahasa Inggris
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi memberikan informasi terkait penyajian soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Sebagian soal UTBK 2020 bakal disajikan dalam bahasa Inggris.

    "Bahwa sebagian materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diujikan, beberapa nomor soal di antaranya akan berbahasa Inggris," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo kepada Medcom.id, Selasa 26 Mei 2020.

    Budi juga mengingatkan, jika soal TPS menjadi satu-satunya model yang diujikan untuk mengukur kemampuan peserta UTBK tahun ini.  Dalam TPS, pihaknya ingin mengukur kemampuan kognitif peserta.

    Baca juga:  LTMPT: Peserta UTBK-SBMPTN Jangan Pilih Prodi Lintas Jurusan

    Dalam TPS tersebut soal dibagi ke dalam empat sub tes. Mulai dari kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan Matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

    Dari empat sub tes itu, Budi tidak membocorkan berapa banyak soal yang dimuat dalam bahasa Inggris.  Begitu juga persentase penggunaan bahasa Inggris, dari masing-masing sub tes soal pun enggan diungkapkannya.

    "Rahasia. Ada yang boleh disampaikan, dan ada yg dirahasiakan. Terpenting peserta bersiap saja," ungkap Budi.

    Baca juga:  UTBK 2020 Bakal Digelar di 74 Lokasi

    Dia memastikan, empat sub tes tersebut akan mencerminkan kemampuan peserta. TPS dapat mengukur keberhasilan peserta nantinya untuk bertahan di prodi pilihannya saat di perguruan tinggi.

    "Artinya dengan empat sub tes ini, sudah kita bisa gunakan untuk pembobotan peserta. Karena kondisi tidak normal kami sudah ada kajiannya, jadi percayalah kita mendapatkan siswa yang kualitasnya terbaik," pungkas dia.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id