Besok, Subsidi Kuota Belajar Mulai Disalurkan

    Ilham Pratama Putra - 21 September 2020 10:32 WIB
    Besok, Subsidi Kuota Belajar Mulai Disalurkan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. Subsidi kuota bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen itu mulai disalurkan Selasa, 22 September 2020.

    "Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama, tahap satu pada tanggal 22 sampai 24 September 2020. Dan tahap kedua pada tanggal 28 sampai 30 September 2020," kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im melalui siaran pers, Senin, 21 September 2020.

    Subsidi kuota akan berlangsung selama empat bulan. Bulan kedua hingga keempat, Kemendikbud juga menyalurkannya secara bertahap. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua, tahap satu pada 22 sampai 24 Oktober 2020". Untuk tahap kedua pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020," lanjutnya.

    Baca: Inspektorat Jenderal Kemendikbud Diminta Awasi Subsidi Kuota

    Sementara, untuk bantuan kuota data internet bulan ketiga dan keempat disalurkan bersamaan. Pada tahap pertama subsidi kuota akan diberikan pada 22 sampai 24 November 2020, dan tahap kedua pada 28 sampai 30 November 2020.

    Masa aktif kuota yang diberikan yaitu, kuota bulan pertama dan kedua dapat digunakan masing-masing selama 30 hari. Sedangkan, kuota bulan ketiga dan keempat yang diberikan secara bersamaan akan aktif selama 75 hari.
     

    Kuota data internet nantinya akan dibagi dengan rincian kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. 

    "Sementara kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/," terang Ainun.

    Paket kuota internet untuk siswa jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan 20 gigabyte (GB) per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

    Sementara, paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

    Dia berharap penyaluran bantuan kuota data internet bagi peserta didik dan tenaga pendidik dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi virus korona (covid-19). Kemendikbud juga meminta masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan memantau pelaksanaan pengadaan bantuan kuota data internet.

    "Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen. Apabila terdapat indikasi penyimpangan, masyarakat dapat melaporkannya kepada Kemendikbud," jelas Ainun.


    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id