Pemkot Malang Minta Perguruan Tinggi Mundurkan Jam Kuliah

    Daviq Umar Al Faruq - 03 Februari 2020 20:15 WIB
    Pemkot Malang Minta Perguruan Tinggi Mundurkan Jam Kuliah
    Wali Kota Malang, Sutiaji, saat meninjau langsung Jalan Soekarno Hatta (Suhat), Lowokwaru, Kota Malang. Foto: Medcom.id/Daviq Umra Al Faruq
    Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal berkoordinasi dengan sejumlah perguruan tinggi untuk mengatasi kemacetan di Kota Malang, Jawa Timur. Sebab, banyaknya mahasiswa disinyalir menjadi salah satu penyebab kemacetan di kota apel tersebut.

    Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan titik yang mendapat perhatian utama yakni di Jalan Soekarno Hatta (Suhat), Lowokwaru, Kota Malang.  Kondisi lalu lintas di Jalan Suhat terutama di sekitaran jembatan membutuhkan perhatian khusus dari berbagai pihak.

    "Salah satunya dari para rektor khususnya di perguruan tinggi yang mahasiswanya banyak mengakses jalan ini. Kami berharap agar secepatnya dapat kita lakukan rapat koordinasi untuk membahas permasalahan ini," kata Sutiaji, Senin, 3 Februari 2020.

    Sutiaji pun meninjau langsung Jalan Suhat pagi tadi bersama Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto. Tinjauan ini untuk menindaklanjuti keluhan dari masyarakat terkait kemacetan lalu lintas yang selalu terjadi di kawasan tersebut.

    Oleh karena itu, Pemkot Malang menyarankan, agar sejumlah perguruan tinggi di Kota Malang untuk memundurkan jam kuliah. Yakni dari jam pertama pada pukul 07.00 WIB, untuk dimundurkan pada pukul 09.00 WIB.

    "Tidak menutup kemungkinan pula jika nantinya kita atur jam masuk pada instansi perkantoran. Khususnya pelayanan di Pemerintah Kota Malang, agar tidak terjadi penumpukan masyarakat yang datang," tambahnya.

    Ke depannya, Pemkot Malang juga bakal menggandeng akademisi dan para ahli transportasi untuk menganalisis terkait pembangunan underpass di Jalan Suhat. Sebab, underpass dinilai menjadi salah satu solusi untuk memecahkan kemacetan di wilayah tersebut. 

    "Koordinasi antara Pemkot Malang, Polresta Malang Kota dan Kodim 0833 Kota Malang akan terus kami tingkatkan demi memecahkan permasalahan ini," pungkasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id