UI Siapkan Konsep Perpaduan Kuliah Daring dan Tatap Muka

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Mei 2020 12:37 WIB
    UI Siapkan Konsep Perpaduan Kuliah Daring dan Tatap Muka
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Universitas Indonesia (UI) bersiap menghadapi kemungkinan pembukaan kembali aktivitas perkuliahan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Rektor UI Ari Kuncoro menyebut pihak kampus tengah menyiapkan konsep perpaduan pembelajaran daring maupun tatap muka (blended learning).

    "Kami sudah siap-siap, kalau sudah dibuka, (perkuliahan) blended learning," kata Ari dalam Webinar Jejaring Indonesia Maju bertajuk ‘Kampus Merdeka di Era dan Pasca Covid-19’, Jumat, 29 Mei 2020.

    Ia menjelaskan blended learning ini menjadi pilihan karena berdasarkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, kelas tidak mungkin bisa dibuka 100 persen. Skema yang disiapkan, sebagian mahasiswa masuk kelas, sisanya belajar berkelompok dari rumah masing-masing secara daring.

    "Dosen tidak perlu di kelas, tetapi dari kantor, terutama yang sudah sepuh. Bisa kita atur, kita tidak memerlukan kelas penuh, karena bisa kita campur," terangnya.

    Baca: Tanggapi Isu Peretasan, UI Pastikan Data Aman

    Ari menuturkan pola belajar berkelompok berbasis permasalahan nyata penting dilakukan. Ini bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kolaboratif mahasiswa.

    "Kami merubah dari belajar individu menjadi belajar berkelompok sifatnya PBL (Problem Based Learning), itu melatih koodinasi, empati segala macam, karena IPK itu kecederungnnya menunjukan kemampuan individu," ungkapnya.

    Ari menyatakan apabila belum ada restu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) untuk membuka kembali aktivitas di kampus, UI akan tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Kalau penuh, kami tidak bisa seperti dulu, karena situasi covid-19 belum jelas," ungkapnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id