Simak, Ini 5 Opsi Biaya Kuliah di ITB dari Jalur Mandiri

    Ilham Pratama Putra - 04 Juni 2021 09:03 WIB
    Simak, Ini 5 Opsi Biaya Kuliah di ITB dari Jalur Mandiri
    Kampus ITB. Dok Humas ITB.



    Jakarta: Mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB) yang masuk melalui jalur ujian Seleksi Mandiri ITB 2021 dapat memilih lima opsi uang kuliah tunggal (UKT). Opsi yang tersedia mulai dari pembebasan biaya kuliah hingga pembayaran secara penuh.

    Direktur Pendidikan ITB Arief Harianto mengatakan, terdapat opsi nol rupiah kepada mahasiswa jalur mandiri tersebut. Kategori yang diberi nama UKT1 itu diberikan kepada pendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

     



    "Kondisi pandemi telah mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk kepada ITB. Namun demikian ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB," kata Arief dalam siaran pers ITB dikutip Jumat, 4 Juni 2021.

    Selain opsi UKT1 sebesar Rp0 atau bebas biaya untuk pemegang KIP-K, ITB juga menyediakan UKT2, UKT3, UKT4 dan UKT5 dengan besaran tiap UKT bervariasi. Pada UKT2, biaya per semester adalah adalah Rp1 juta, UKT3 sebesar Rp12,5 juta per semester.

    "Dan UKT4 sebesar Rp20 juta per semester. Sementara pada UKT penuh, yaitu UKT5 sebesar Rp25 juta per semester," sambungnya.

    Baca: Lulusan Perguruan Tinggi yang Terserap Lapangan Kerja Cuma 10%

    Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2021 masih dibuka hingga 10 Juni 2021. Para peserta dapat langsung memilih program studi yang diinginkan.

    "Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru," kata Arief.

    Mahasiswa baru Seleksi Mandiri ITB 2021 yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT5 melalui formulir pendaftaran yang akan disampaikan melalui website https://admission.itb.ac.id. Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

    "Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id