Mahasiswa Kampus Mengajar Merangkap Duta Perubahan Perilaku Hadapi Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 09 Februari 2021 19:18 WIB
    Mahasiswa Kampus Mengajar Merangkap Duta Perubahan Perilaku Hadapi Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Kampus Mengajar 2021. Targetnya, sebanyak 15.000 mahasiswa bakal menjalankan program tersebut.

    Belasan ribu mahasiswa itu nantinya akan mengajar para siswa jenjang sekolah dasar di lingkungan mereka masing-masing. Selain menjadi pengajar mereka juga dibebankan tugas lain di lingkungan sekolah dan masyarakat setempat.






    "Selain relawan dalam kampus mengajar itu, mahasiswa juga sebagai duta edukasi perubahan perilaku (menghadapi covid-19) ini juga perlu dilakukan," kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam dalam peluncuran Kampus Mengajar secara daring, Selasa 9 Februari 2021.

    Baca: Pimpinan Perguruan Tinggi Diminta Fasilitasi Mahasiswa Ikut Kampus Mengajar

    Edukasi yang diberikan mahasiswa mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan menjaga pola hidup bersih (5M). Mahasiswa bakal memberikan contoh agar masyarakat sekolah dan sekitarnya dapat terhindar dari virus korona dan memberikan langkah penularan virus.

    Para mahasiswa dapat mendaftarkan dirinya secara daring melalui laman ringkas.kemdikbud.go.if/KampusMengajar2021. Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini mulai dari mahasiswa semester lima dan seterusnya.

    Setelah pendaftaran mahasiswa akan diseleksi. Hasil seleksi akan diumumkan pada pertengahan Maret 2021.

    Baca: Kampus Mengajar 2021 Bakal Libatkan 15 Ribu Mahasiswa

    Dari pertengahan Maret hingga 21 Maret 2021, mahasiswa terpilih akan mendapatkan pembekalan. Agar nantinya siap menjalankan tugas mulai dari 22 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021.

    Sebelumnya, pada akhir 2020 silam, sebanyak 5.625 mahasiswa telah ditetapkan sebagai duta perubahan perilaku untuk menghadapi covid-19. Mereka masuk dalam tim edukasi yang bakal diterjunkan di 15 kabupaten kota pada 12 provinsi di Indonesia.

    "Total 5.625 mahasiswa sekarang mereka datang langsung untuk mengedukasi masyarakat secara langsung ke tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama," ujar Ketua Subbidang Edukasi Perubahan Perilaku, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Harris Iskandar dalam webinar Edukasi Perubahan Perilaku dimasa Pandemi Covid-19, Rabu 2 Desember 2020.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id