Magister Teknologi Agroindustri Unpad Raih Akreditasi Unggul

    Citra Larasati - 23 April 2021 07:15 WIB
    Magister Teknologi Agroindustri Unpad Raih Akreditasi Unggul
    FTIP Unpad Raih Akreditasi Unggul. Foto: Unpad/Humas



    Jakarta:  Program studi Magister Teknologi Agroindustri Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran memperoleh peringkat “Akreditasi Unggul” dari BAN-PT. Hal ini diputuskan berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 2201/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2021.

    Status tersebut berlaku sejak tanggal 20 April 2021 sampai dengan 20 April 2026. Prodi Magister Teknologi Agroindustri merupakan prodi pertama di Unpad yang memperoleh peringkat “Unggul” dengan skor 361.






    “Mudah-mudahan peningkatan reputasi ini dapat diikuti oleh prodi lainnya, dengan merencanakan program unggulan, melaksanakannya, serta mengevaluasinya secara berkala agar dapat mencapai keunggulan yang dicita-citakan,” kata Kepala Satuan Penjaminan Mutu Unpad, Funny Mustikasari Elita, Kamis, 22 April 2021.

    Pencapaian Akreditasi Unggul ini diperoleh dengan menggunakan IAPS 4.0  melalui sembilan kriteria yang ditetapkan oleh BAN PT, yaitu: (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi; (2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama; (3) Mahasiswa; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana; (6) Pendidikan; (7) Penelitian; (8) Pengabdian kepada Masyarakat; dan (9) Luaran dan Capaian Tridarma Perguruan Tinggi.

    Proses akreditasi ini telah melalui serangkaian proses asesmen secara daring pada tanggal 14-15 April 2021 lalu oleh Tim Asesor, Sahid Susanto dari Universitas Gadjah Mada dan Mursalim dari Universitas Hasanuddin.

    Baca juga:  Unpad Masih 10 Besar Peringkat THE Impact Rankings Indonesia

    Akreditasi “Unggul” tersebut diperoleh setelah memenuhi peraturan BAN-PT No.1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk akreditasi yang dilakukan BAN-PT. Ketika perguruan tinggi berhasil mendapatkan akreditasi unggul, dapat dikatakan bahwa universitas tersebut sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya.

    Hasil akreditasi yang dikeluarkan adalah “Unggul”, “Sangat Baik”, dan “Baik”. Sementara untuk akreditasi yang dilakukan dapat dilakukan melalui tiga cara. Pertama, melakukan reakreditasi borang baru dengan 9 kriteria.

    Kedua, mengajukan tambahan borang menggunakan instrumen suplemen konversi (ISK). Ketiga, menggunakan akreditasi internasional yang diakui Kemendikbud.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id