Kemendikbud Gelontorkan Rp500 Miliar untuk Kompetisi Kampus Merdeka

    Ilham Pratama Putra - 07 Desember 2020 20:28 WIB
    Kemendikbud Gelontorkan Rp500 Miliar untuk Kompetisi Kampus Merdeka
    Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam. Foto: Zoom



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund. Insentif yang disediakan untuk kampus mencapai Rp500 miliar.

    "Program kompetitif Kampus Merdeka atau competitive fund sebesar Rp500 miliar. Kompetisi ini merupakan bentuk akselerasi Kampus Merdeka," kata Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam, dalam Konferensi Pers Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Senin, 7 Desember 2020.

     



    Menurutnya, kompetisi ini akan mendorong kampus untuk melakukan inovasi pada basis program studi. Harapannya, terjadi pembelajaran 4.0 atau yang selaras dengan konsep Kampus Merdeka.

    Nizam menjelaskan perguruan tinggi yang bisa ikut kompetisi itu adalah perguruan tinggi akademik, baik universitas, institut, maupun sekolah tinggi binaan Kemendikbud. Kompetisi terbuka untuk kampus negeri dan swasta.

    "Yang jelas mereka telah melakukan pelaporan data kegiatan belajar-mengajar melalui PDDikti (Pusat Data Pendidikan Tinggi) dengan persentase 100 persen untuk Tahun Anggaran 2019 semester satu dan dua," ujar dia.

    Baca: Naik 80%, Anggaran Perguruan Tinggi 2021 Mencapai Rp5,3 Triliun

    Syarat selanjutnya, kampus tersebut tidak sedang kena sanksi Ditjen Dikti. Kampus pengusul juga tidak sedang dalam proses pengajuan perubahan perguruan tinggi dan perubahan badan hukum.

    "Selain itu, kampus tidak sedang memiliki masalah internal dan tidak dalam sengketa hukum," terangnya.

    Kompetisi itu dirancang untuk tiga tahun dengan cara mengusulkan proposal setiap tahunnya. "Sehingga pengusulan program harus dilakukan untuk tiga tahun dengan usulan rinci yang diajukan setiap tahunnya," tegas dia.

    Registrasi akun kompetisi Kampus Merdeka sudah dimulai 30 November 2020. Sedangkan, batas akhir untuk memasukkan proposal yakni pada 4 Februari 2021, selanjutnya akan dilakukan penilaian proposal dan pengumuman akan dilakukan pada April 2021.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id