PTM Terbatas, Legislator Usul Diberlakukan Tes Covid-19 untuk Siswa

    Ilham Pratama Putra - 05 Mei 2021 15:27 WIB
    PTM Terbatas, Legislator Usul Diberlakukan Tes Covid-19 untuk Siswa
    Ilustrasi. Foto: MI/Andri Widiyanto



    Jakarta: Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng mengusulkan diberlakukannya tes covid-19 terhadap siswa yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Hal ini guna membangun kepercayaan kalau PTM terbatas aman bagi siswa.

    "Persoalan terbesar sekolah tatap muka adalah terkait ketidakpercayaan publik. Sebab tak satu pun tes antigen atau PCR yang dilakukan," kata Agustina dalam talkshow daring memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Rabu 5 Mei 2021.






    Dia menilai penerapan tes covid-19 dapat menjadi jaminan keamanan PTM terbatas. "Saya kira kalau orang tua tak ada garansi bahwa anaknya akan secure, maka tak akan diizinkan sekolah," lanjutnya.

    Baca: P2G: Guru Belum Siap Blended Learning

    Selain itu, dia juga meminta pemerintah untuk mengadakan program vaksinasi untuk siswa. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan terhadap gelaran PTM terbatas.

    "Menurut dia, pemerintah seharusnya berpikir menyediakan vaksinasi bagi anak, dan secara periodik melakukan tes terhadap anak yang menjalankan sekolah tatap muka," sebut dia.

    Dari sisi anggaran, Agustina mengatakan hal itu bisa diambil dari dana pendidikan yang ada. Atau, bisa dilaksanakan dengan realisasi anggaran yang masih belum prioritas.

    "Semisal, anggaran sekolah kedinasan bisa ditunda dulu, sebab proses pendidikan SD hingga SMA lebih penting. Pihaknya mengestimasi bahwa Rp200 triliun bisa disiapkan demi memastikan sekolah tatap muka itu," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id