comscore

UNS Tambah Dua Fakultas Baru, Rektor: Tidak Ada Dekan Baru

Citra Larasati - 19 April 2022 11:59 WIB
UNS Tambah Dua Fakultas Baru, Rektor: Tidak Ada Dekan Baru
Kampus UNS. Foto: Dok. UNS
Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi membuka dua fakultas baru. Kedua fakultas tersebut yakni Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data serta Fakultas Psikologi.

Surat keputusan (SK) pendirian kedua fakultas ini dikeluarkan pada 11 Maret 2022, bertepatan dengan Dies Natalis ke-46 UNS.  Bagi sivitas akademika UNS, dua fakultas anyar tersebut bukanlah hal baru.
Ini karena dua fakultas tersebut merupakan pengembangan dari dua program studi (prodi) yang ada di UNS. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data merupakan pengembangan dari Prodi Teknik Informatika dan Komputer (TIK) yang semula di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Sementara itu, Fakultas Psikologi merupakan pengembangan dari prodi Psikologi yang awalnya menginduk di Fakultas Kedokteran (FK).  Sejumlah alasan mendasari pengembangan dua prodi tersebut menjadi fakultas baru.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho menjelaskan, alasan pertama yakni tingginya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar di kedua prodi tersebut. Prodi Psikologi UNS pada tahun 2021 tercatat diminati oleh 10.149 pendaftar, padahal daya tampungnya hanya 150 mahasiswa.

Pada tahun yang sama, prodi TIK diminati 5.853 pendaftar, sedangkan yang diterima hanya 115 mahasiswa.  Selain itu, Jamal menyampaikan, bahwa kualitas kedua prodi tersebut sudah terjamin.

Kualitas yang dimaksud yakni akreditasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kurikulum yang digunakan. Dengan pertimbangan tersebut, Senat Akademik UNS memutuskan untuk mengembangkan dua prodi tersebut menjadi fakultas.

Meskipun menambah dua fakultas baru, Jamal menegaskan bahwa UNS tidak akan menambah dekan. Hal ini guna merampingkan struktural di UNS.

“Meskipun ada dua fakultas baru, kami tidak menambah dekan baru. Ke depan harus miskin struktur, kaya fungsi. Ke depan dengan banyaknya fakultas, tidak banyak pejabat,” ujar Jamal.

Dengan demikian, dua fakultas tersebut masih akan dikepalai oleh dekan fakultas sebelumnya. Dekan FMIPA akan mengepalai Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data. Sementara itu, Dekan FK akan menjadi kepala untuk Fakultas Psikologi.

Terobosan Dua Fakultas Baru

Saat ini kedua fakultas tersebut baru memiliki satu prodi. Namun, kepala prodi masing-masing menyampaikan akan mengembangkan prodi lain di fakultas tersebut.

Kepala Prodi TIK, Wiharto mengatakan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data akan menambah satu prodi baru yakni Prodi Sains Data.  “InsyaAllah nanti ada dua program studi, yang satu bagaimana cara membuat Artificial Intelligence (AI), kemudian yang kedua bagaimana mengolah data atau informasi yang dapat digunakan untuk mengambil kebijakan. Ke depan bisa jadi lebih dari dua prodi,” tutur Wiharto.

Sementara itu, Fakultas Psikologi UNS akan mengembangkan Prodi S2 Psikologi dan magister profesi. Saat ini Fakultas Psikologi UNS sedang menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Korea Selatan untuk pendirian S2 Psikologi.

“Ke depannya kami akan membuka prodi S2 dan kami akan bekerja sama dengan universitas di Korsel. Kemudian magister profesi juga akan kami buka,” ujar Kepala Prodi Psikologi, Aditya Nanda Pratama.

Meskipun masih satu prodi, Fakultas Psikologi memiliki berbagai peminatan yang dapat diambil oleh mahasiswa. Ada empat peminatan yang dapat dipilih yakni psikologi industri organisasi, psikologi sosial, psikologi pendidikan, dan psikologi klinis.

Keempat peminatan tersebut dinilai sesuai dengan kebutuhan lapangan saat ini sehingga para mahasiswa dapat memilih konsentrasi psikologi sesuai dengan minat masing-masing.

Baca juga:  Cara Unik Guru Besar UNS Ingatkan Salat, Keliling Gedung Sapa Langsung Warga Kampus

Selain penambahan prodi, fakultas baru ini juga memiliki keistimewaan untuk menambah daya tampung. Prodi Psikologi yang semula daya tampungnya hanya 150 mahasiswa, tahun depan akan ditambah menjadi 250 mahasiswa. Hal ini tentu memberikan peluang lebih besar kepada para calon pendaftar untuk dapat diterima di UNS. 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id