comscore

EdWG G20, Ini Usulan Bank Dunia Soal Teknologi dalam Pemulihan Pendidikan

Citra Larasati - 20 Mei 2022 14:49 WIB
EdWG G20, Ini Usulan Bank Dunia Soal Teknologi dalam Pemulihan Pendidikan
Chair of G20 Education of Working Group (EdWG) 2022, Iwan Syahril. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Bandung:  Bank dunia menyampaikan usulan untuk membuat sebuah kerangka untuk melihat peran teknologi digital dalam pemulihan pendidikan.  Usulan ini disampaikan dalam pertemuan kedua Education Working Group (EdWG) G20 yang digelar di Bandung, Jumat, 18-19 Mei 2022.

Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril mengatakan, isu teknologi digital dalam pemulihan pendidikan menjadi bagian dari pembahasan di pertemuan kedua EdWG G20 2022.  Dalam presidensinya, Indonesia memiliki komitmen untuk membawa suara-suara dunia ketiga dan negara-negara berkembang, termasuk di dalamnya isu terkait teknologi di bidang pendidikan.
"Kita tidak hanya fokus pada negara-negara maju, kalau di kita secara domestik itu konteksnya di daerah-daerah Terluar, terdepan dan terpencil (3T)," kata Iwan dalam konferensi pers penutupan pertemuan kedua EdWG G20, di Bandung, Jumat, 20 Mei 2022.

Dalam persoalan teknologi, kata Iwan, muncul banyak perspektif.  Sebab ternyata tidak hanya di negara berkembang, pada kenyataannya di negara maju juga membutuhkan akselerasi dalam persoalan teknologi pendidikan.

Pertama, kata Iwan, munculnya kesadaran bahwa teknologi tidak dapat menggantikan peran manusia.  "Dalam hal ini SDM, itu satu hal yang terus diingatkan negara-negara dalam pembahasan teknologi," terang Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek ini.

Seluruh negara bersepakat, bahwa teknologi memang dapat mengakselerasi pendidikan yang berkualitas.  Namun yang jauh lebih penting dari itu adalah, harus ada fokus pada pengembangan SDM dalam menggunakan teknologi. 

Baca juga:  Draf Laporan EdWG G20 Bakal Dibawa ke Transforming Education Summit PBB

Penyusunan kerangka untuk melihat peran teknologi dalam pemulihan pendidikan itu membutuhkan komitmen negara-negara G20 untuk meningkatkan infrastruktur.  Di Indonesia, pemerataan teknologi dalam pendidikan akan melibatkan lintaslembaga.

"Mau tidak mau harus dikuatkan, yang lebih penting juga meningkatkan kapasitas SDM-nya dalam menggunakan teknologi. Juga bagaimana membuat sistemnya agar teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik," papar Iwan.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id