Pandemi, UMI Sediakan Subsidi Kuota Hingga Keringanan Biaya Kuliah

    Ilham Pratama Putra - 16 September 2020 09:16 WIB
    Pandemi, UMI Sediakan Subsidi Kuota Hingga Keringanan Biaya Kuliah
    Rektor UMI Basri Modding. Tangkapan layar
    Jakarta: Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menyediakan subsidi kuota bagi mahasiswanya di tengah pandemi korona (covid-19). Semester ini, UMI memberikan mahasiswanya Rp300 ribu untuk membeli kuota internet.

    "Untuk semester ini kita kasih mahasiswa itu Rp300 ribu. Kita itu satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang berani kasih. Perguruan Tinggi Negeri saja biasanya cuma Rp150 ribu," ujar Rektor Umi Basri Modding dalam siaran langsung instagram @OSC_Medcom, Selasa 15 September 2020.

    Basri menyebut dana Rp300 ribu itu didapatkan dari potongan biaya kuliah per semester mahasiswa. Pihaknya memangkas uang semester sebesar Rp300 ribu agar para mahasiswanya bisa membeli kuota internet karena perkuliahan menggunakan metode dalam jaringan (daring).

    "Saat dia bayar SPP itu langsung dipotong. Kalau misal dia bayar Rp3 juta dia hanya bayar Rp2,7 juta. Jadi UMI baru-baru ini menggelontorkan Rp6 miliar untuk kuota mahasiswa yang belajar daring," jelas Basri.

    Baca: UMI Jadi PTS Pertama Terakreditasi A di Luar Pulau Jawa

    Basri menyadari bantuan seperti itu harus diberikan di tengah pandemi. Sebab, banyak mahasiswa yang kesulitan ekonomi dan harus menambah biaya untuk mengikuti kuliah secara daring.

    Selain itu, akibat terganggunya perekonomian mahasiswa, pihaknya juga memberikan relaksasi pembayaran biaya kuliah. UMI menyediakan skema cicilan untuk pembayaran uang kuliah.

    "Pertama kita kasih keringanan dicicil 50 persen dulu, kalau tidak bisa boleh 30 persen, kalau tidak jugga bisa 20 persen. Kalau masih tidak bisa kita suruh datang walinya untuk dibicarakan. Yang penting mau kuliah, tidak booleh tidak masuk," ungkapnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id