PPDB DKI Jakarta

    FSGI: Zonasi Bina RW Solusi Jangka Pendek

    Antara - 04 Juli 2020 13:16 WIB
    FSGI: Zonasi Bina RW Solusi Jangka Pendek
    Wakil Sekjen FSGI Satriwan Salim. Dok Pribadi
    Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta jalur Bina RW dapat menjadi solusi jangka pendek. Sebab, ada penambahan kuota siswa per kelas.

    "Penambahan kuota siswa per kelas sebanyak empat orang ini, harapannya bisa menjadi solusi jangka pendek bagi calon siswa yang tertolak gara-gara usia. Termasuk usulan untuk memperpanjang pendaftaran zonasi," ujar Satriwan di Jakarta, Sabtu, 4 Juli 2020

    Sejak awal, kata dia, FSGI mengusulkan agar adanya penambahan kapasitas rombongan belajar (rombel) dan memperpanjang pendaftaran zonasi. Namun, ketika basis pendaftarannya adalah zonasi berdasarkan RW, bukan kelurahan, maka itu justru akan menjadi masalah baru.

    "Sebab tak semua RW memiliki sekolah negeri, khususnya SMP dan SMA. Kecuali taman bermain, memang banyak, ujarnya.

    Menurut dia, Dinas Pendidikan DKI juga mesti mendata berapa jumlah calon siswa yang tertolak gara-gara faktor usia muda itu. Padahal, masih di satu zona kelurahan.

    Pemetaan dan pendataan ulang sangat penting untuk dibandingkan dengan jumlah ketersediaan rombongan belajar setelah penambahan kuota siswa. Pendataan dapat menunjukkan apakah sekolah akan dapat menampung atau tidak.

    Baca: JPPI: PPDB DKI Cacat Hukum

    Satriwan mengatakan, solusi jangka panjang bagi persoalan PPDB DKI yakni dengan menambah jumlah kelas di satu sekolah atau membangun sekolah negeri yang baru, khususnya SMA dan SMK. Menurut dia, hal itu merupakan solusi terbaik.

    "Dalam lima tahun terakhir DKI Jakarta memang tidak membangun SMA negeri yang baru. Ini saatnya DKI Jakarta perlu membangun sekolah negeri baru agar dapat menampung tingginya animo masyarakat masuk ke sekolah negeri," terang dia.

    Pemprov DKI Jakarta membuka jalur baru dalam PPDB 2020 yaitu Bina RW, melalui jalur itu diharapkan dapat menampung siswa yang sebelumnya tidak lolos PPDB pada jalur lainnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id