comscore

Refleksi Perguruan Tinggi 2021, FRI: Digitalisasi Kampus Kian Nyata

Ilham Pratama Putra - 30 Desember 2021 10:47 WIB
Refleksi Perguruan Tinggi 2021, FRI: Digitalisasi Kampus Kian Nyata
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Panut Mulyono menyebut 2021 sebagai tahun digitalisasi kampus. Pada tahun ini, kata dia, penguasaan teknologi di dunia kampus semakin kuat.

"Penguasaan para dosen dan mahasiswa dalam penggunaan teknologi pembelajaran daring ini sebagai satu hal positif di 2021," ujar Panut kepada Medcom.id, Kamis 30 Desember 2021.
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas juga turut mendorong digitalisasi kampus. Terlebih, kampus juga menerapkan pembelajaran bauran atau paduan pembelajaran daring dan luring.

"Lalu dengan telah dilakukannya pembelajaran bauran atau blended luring terbatas dan daring maka banyak perguruan tinggi telah melengkapi sarana untuk itu di ruang-ruang kelasnya," tutur Panut.

Baca: UGM Berdayakan Dusun Cageran Sebagai Desa Mandiri Energi

Menurut Panut, baik PTM, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun bauran, relatif berjalan baik. Dalam mengatasi pandemi dengan teknologi perguruan tinggi dinilai sukses.

Meskipun begitu, memang diperlukan beberapa evaluasi. Bukan sekedar mempertahankan pembelajaran di tengah pandemi, namun juga mendorong digitalisasi pendidikan tinggi.

"Dalam mengatasi pandemi, perguruan tinggi juga perlu bekerjasama dengan berbagai pihak. Terkait pembelajaran daring tadi juga mesti terus dikembangkan," tutupnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id