comscore

ITB Kehilangan Guru Besar Sekolah Farmasi, Asep Gana Suganda Meninggal Dunia

Renatha Swasty - 08 Juni 2022 15:38 WIB
ITB Kehilangan Guru Besar Sekolah Farmasi, Asep Gana Suganda Meninggal Dunia
Guru Besar KK Biologi Farmasi, Sekolah Farmasi ITB Asep Gana Suganda meninggal dunia. DOK ITB
Jakarta: Keluarga besar Institut Teknologi Bandung (ITB) berduka. Guru Besar KK Biologi Farmasi, Sekolah Farmasi ITB Asep Gana Suganda meninggal dunia pada Selasa, 7 Juni 2022 sekitar pukul 19.00 WIB. 

ITB menyelenggarakan upacara pelepasan jenazah di Aula Barat ITB, Rabu pagi, 8 Juni 2022. "Kita hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir melalui prosesi pelepasan jenazah, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa, darma bakti, serta pengabdian almarhum kepada ITB, negara, dan bangsa semasa hidupnya," kata Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dikutip dari laman itb.ac.id, Rabu, 8 Juni 2022. 
Reini menyebut almarhum telah menapaki perjalanan panjang di dalam kariernya. Sejarah mencatat, almarhum ialah sosok santun dan penuh hormat kepada siapa pun, baik senior maupun junior. 

Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Reini mengenang almarhum telah berjasa menyusun nilai-nilai ADAB Institut Teknologi Bandung, seperti Inklusi, Integritas, Kepeloporan, Kejuangan, Keunggulan, dan Pengabdian.

Perwakilan keluarga yang diwakili oleh Ganjar E Suganda menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Asep. Pihak keluarga meminta kerelaan semua pihak untuk bisa memaafkan apabila semasa hidup ada salah dan khilaf. 

"Mohon doa dari semua agar Bapak kami husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ujar Ganjar. 

Asep Gana Suganda lahir di Sindangrasa-Ciamis pada Rabu, 13 Agustus 1952. Saat ini, Asep adalah Guru Besar Farmakognisi Institut Teknologi Bandung. Dia menjadi tenaga pengajar di Sekolah Farmasi ITB sejak 1 Januari 1977 sampai sekarang. Berikut riwayat pendidikan Asep Gana Suganda: 
  1. Lulus SDN 2 Sindangrasa Ciamis: 1964
  2. Lulus SMPN 2 Ciamis: 1967
  3. Lulus SMAN 5 Bandung: 1970
  4. Lulus Sarjana Farmasi (ITB): 1976
  5. Lulus Apoteker (ITB): 1977
  6. Lulus DEA, Faculte Pharmacie de Nantes (FRANCE): 1981
  7. Lulus Doctor, Faculte Pharmacie de Nantes (FRANCE): 1983
  8. Lulus Akta (V) Mengajar: 1985

Asep juga pernah menduduki jabatan mulai dari kepala Laboratorium di Sekolah Farmasai hingga Ketua Satuan Pengawas Internal ITB (11 Februari 2005-5 Januari 2020). Dia juga merupakan sekretaris eksekutif SNMPTN/SBMPTN dari 2002-2018. 
Asep telah melakukan berbagai penelitian dan menerbitkan puluhan publikasi nasional maupun internasional.

“Kalau kita sakit, jangan sampai kita sia-siakan keadaan itu, tapi gunakan kesempatan itu dengan hati yang jujur untuk bisa menemukan makna hidup dan kehidupan yang sebenarnya, yang mungkin kita sering lupa akan hal tersebut saat dalam keadaan sehat,” kata Wakil Dekan Bidang Akademik Elfahmi saat membacakan CV almarhum.

Sebelumnya, jenazah disalatkan di Masjid Salman ITB. Setelah prosesi pelepasan, jenazah dikebumikan di pemakaman ITB Cibarunai. Pada upacara pelepasan jenazah, turut dihadiri pimpinan dan seluruh sivitas akademika ITB.

Baca: Bambang Rahino, Rektor 'Pengembang' Unair Tutup Usia

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id