Epidemiolog: Pesantren Relatif Aman dari Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 22 Oktober 2020 15:48 WIB
    Epidemiolog: Pesantren Relatif Aman dari Covid-19
    Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane. Foto: YouTube
    Jakarta: Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia, Masdalina Pane mengatakan, pesantren merupakan tempat yang relatif aman dari virus korona (covid-19). Sebab para santri dalam pesantren secara tidak langsung sudah memiliki konsep karantina.

    "Kalau mereka sudah masuk ke dalam (pesantren) itu dipastikan sehat semua, maka mereka akan aman di dalam," ujar Masdalina dalam siaran daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, 22 Oktober 2020.

    Namun kemudian, tinggal bagaimana pesantren harus mampu membatasi pengunjung dari luar. Pengunjung dari luar inilah yang kadang membawa virus masuk dan menyerang para santri.

    Baca juga:  Santri Diminta Proaktif Memerdekakan Indonesia dari Covid-19

    Selain itu, santri yang di dalam pesantren juga harus terus berkoordinasi dengan pengurus pesantren terkait kondisi kesehatan mereka. Sakit sedikit, harus memberikan laporan.

    "Santri kalau mereka sakit jangan tidak melapor, seringan apapun itu, mohon dilaporkan ke pembimbingnya. Karena kalau itu covid, transmisinya bisa cepat sekali," tegas Masdalina.

    Selain itu, para santri harus senantiasa menjaga protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus terus dilakukan secara ketat.

    Sisanya tinggal bagaimana pengurus pesantren bisa memastikan lingkungan santri bersih. Melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala juga harus dilakukan.

    "Protokol kesehatan untuk rumah ibadah sudah ada, kita minta protokol kesehatan dijalankan dengan baik," tegas Masdalina.

    Pemerintah melalui Satgas covid-19 atau #satgascovid19 juga tak bosan-bosannya terus menyosialisasikan kampanye #ingatpesanibu yakni jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakai masker, #jagajarak dan #hindarikerumunan serta #cucitangan #cucitanganpakaisabun.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id