Survei: Nadiem Menteri Kalangan Profesional Terbaik

    Arga sumantri - 05 November 2020 11:44 WIB
    Survei: Nadiem Menteri Kalangan Profesional Terbaik
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar.
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tercatat sebagai menteri dari kalangan profesional dengan kinerja terbaik versi Lembaga Survei Indo Barometer. Nadiem dinilai sebagai menteri kabinet Indonesia dengan kinerja bagus oleh 16,3 persen responden.

    Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menuturkan, dalam survei tersebut, pihaknya melontarkan pertanyaan 'sebutkan nama menteri yang menurut responden kinerjanya bagus?. Hasilnya, publik menilai lima menteri memiliki kinerja paling bagus.

    Secara berurutan, mereka ialah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (29,3 persen), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (16,3 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (15,2 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (12,2 persen), dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD (8,8 persen). Tercatat, empat dari lima menteri terbaik versi survei Indo Barometer tersebut berasal dari kalangan profesional atau non partai politik.

    "Kami memiliki breakdown alasan jawaban khusus untuk masing-masing menteri tersebut,” kata Qodari di Jakarta yang dikutip melalui siaran pers, Kamis, 5 November 2020.

    Baca: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi U.S News and World Report

    Dalam survei tersebut, kata Qodari, terdapat lima alasan utama publik menilai seorang menteri memiliki kinerja bagus. Yaitu pintar/intelektual (cerdas), mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, keputusannya tegas dan lugas, mempunyai hasil kerja nyata dan banyak program terobosan atau visi misi ke depan. 

    Sebagai menteri dari kalangan profesional, lima alasan utama publik menilai Nadiem sebagai menteri kinerja bagus adalah pintar/intelektual (34,3 persen), banyak program terobosan (15,6 persen), mampu meningkatkan pelayanan pendidikan (10,4 persen), muda berbakat dan energik (10,4 persen), serta cara kerjanya bagus (5,2 persen).

    Dalam survei tersebut, secara keseluruhan publik yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo sebanyak 64,6% persen, tidak puas 33,1 persen, dan tidak tahu atau tidak menjawab 2,3 persen. Dibandingkan survei September 2015, 1 tahun awal periode, ini merupakan peningkatan di mana kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi hanya 46,0 persen, tidak puas 51,1 persen, dan  tidak tahu atau tidak menjawab 3,0 persen.

    Survei yang digelar pada 10-17 Oktober 2020 tersebut dilakukan untuk mengukur kinerja satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Covid-19 di Indonesia. Survei Indo Barometer dilaksanakan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan margin of error 2.83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden survei adalah masyarakat yang berusia minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah dan dipilih dengan metode multistage random sampling.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id