Kampus Diminta Perketat Regulasi Terkait Protokol Kesehatan

    Ilham Pratama Putra - 10 November 2020 20:03 WIB
    Kampus Diminta Perketat Regulasi Terkait Protokol Kesehatan
    Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari. Zoom
    Jakarta: Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kirana Pritasari meminta setiap kampus memiliki satgas covid-19. Satgas itu bisa dibentuk secara internal.

    "Satgas Kampus perlu dibentuk untuk melakukan koordinasi dan mitigasi di internal kampus jika ada kasus Covid-19," kata Kirana dalam webinar Hari Kesehatan Nasional, Selasa, 10 November 2020.  

    Internal kampus, kata dia, juga harus memiliki regulasi yang ketat terkait protokol kesehatan. Hal ini agar penularan covid-19 di lingkungan kampus dapat diminimalisasi. Minimal, tak ada pelanggar 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) di lingkungan kampus.

    Tak hanya regulasi dari pihak kampus, mahasiswa juga diminta terlibat aktif dalam pencegahan covid-19. Misalnya, unit kegiatan mahasiswa atau organisasi kampus juga harus membangun koordinasi untuk memitigasi penularan covid-19.

    Baca: Kemenkes: Kampus Harus Jadi Panutan Penerapan Protokol Kesehatan

    Ia mengatakan, kampus juga harus paham hal apa yang harus pertama kali dilakukan ketika menemukan kasus covid-19 di lingkungannya. Misalnya, ke mana kampus akan meminta pertolongan pertama.

    Kampus juga diminta mampu membatasi aktivitas di lingkungannya. Seluruh warga kampus diminta untuk tidak melupakan kesehatan.

    "Jadi jangan sampai, melupakan kesehatan mahasiswa. Jadi setelah lulus malah jatuh sakit, jadi perilaku sehat itu perlu diterapkan di perguruan tinggi," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id