Unpad Targetkan 18 Prodi Terakreditasi Internasional di 2021

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 07 Januari 2021 14:36 WIB
    Unpad Targetkan 18 Prodi Terakreditasi Internasional di 2021
    Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
    Jakarta: Universitas Padjajaran (Unpad) memasang target akreditasi internasional pada sejumlah program studinya di 2021.  Unpad membidik 16 hingga 18 program studinya mendapatkan akreditasi internasional.  

    Rektor Unpad, Rina Indiastuti menyampaikan, bahwa akreditasi internasional ini akan mempunyai efek positif.  Salah satunya pada lulusan yang juga akan ter-upgrade menjadi internasional.

    “Akreditasi internasional ini berdampak baik sekali, karena standar pendidikan dan lulusan ter-upgrade menjadi standar internasional,” kata Rina dalam Penyampaian Arah Kebijakan Unpad di tahun 2021, dikutip dalam keterangannya, Kamis, 7 Januari 2021.

    Tercatat pada 2020 Unpad sendiri telah berhasil mengantongi akreditasi internasional untuk 14 program studi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnsis. Akreditasi ini diperoleh Unpad dari "The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization" atau ABEST21.

    Ke-14 prodi tersebut antara lain, di Program Sarjana ada prodi Akuntansi Manajemen Ekonomi Pembangunan Ekonomi Islam Bisnis Digital. Kemudian di Program Magister ada prodi Akuntansi Manajemen Ekonomi Terapan Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi Manajemen Keuangan Mikro Terpadu.

    Baca juga:  Rektor Beberkan Program Prioritas Unpad di 2021

    Lalu untuk Program Doktor, ada prodi Ilmu Akuntansi Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi.  Selain membidik akreditasi internasional, Rina juga menargetkan Unpad masuk ke peringkat 500 terbaik dunia.

    Untuk target ini, rekognisi internasional juga perlu terus ditingkatkan. Sejak 2020, Unpad telah menggulirkan program Pradja Brata atau Program Rekognisi Akademik Universitas Padjadjaran. Pradja Brata merupakan sebuah sistem pemeringkatan di tingkat fakultas.
     
    Program dilakukan melalui penjenamaan (branding) peneliti dengan hasil risetnya, rekoneksi alumni, pelibatan mitra internasional dalam mendukung pembelajaran daring, rekrutmen talenta, serta penguatan database.  “Program ini telah berhasil menggugah fakultas untuk bergerak,” kata Rektor.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id