FRI Berharap Ada Peta Jalan Riset yang Komprehensif

    Ilham Pratama Putra - 30 April 2021 14:44 WIB
    FRI Berharap Ada Peta Jalan Riset yang Komprehensif
    Ketua Forum Rektor Indonesia, Arif Satria. Foto: Dok. IPB



    Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi dilebur dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan nomenklatur baru yakni Kemendikbud-Ristek.  Sementara Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) terpisah menjadi badan otonom.

    Dua lembaga ini disebut mengemban tugas yang sangat berat. Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Arif Satria pun menyampaikan pesan dan harapan kepada dua lembaga itu.






    "Pertama, diperlukan desain peta jalan riset yang komprehensif dengan sinergi lembaga riset pemerintah, lembaga riset swasta, perguruan tinggi, dan dunia usaha. Termasuk di dalamnya pembagian peran pengembangan riset dasar dan terapan," kata Arif kepada Medcom.id, Jumat 30 April 2021.

    Menurutnya, riset terapan pun perlu dipertajam lagi dengan riset untuk menghasilkan teknologi tinggi dan tepat guna. Peta jalan disusun dengan mempertimbangkan tren revolusi industri 4.0, Sustainable Development Goals (SDGs), dan prioritas sektor pembangunan ekonomi.

    "Sebagai contoh, riset agromaritim untuk biomaterial alternatif didorong untuk subtitusi impor," sebut dia.

    Baca juga:  Nadiem Diharapkan Jadi 'Jembatan' Peneliti Indonesia dengan Kampus Mancanegara

    Kedua, sinergi antardua lembaga harus dipererat. Untuk memastikan payung riset bersama yang menjadi acuan riset di perguruan tinggi sehingga lebih terarah.

    "Ketiga, mengintegrasikan agenda riset perguruan tinggi dengan litbang kementrian dan lembaga riset di bawah koordinasi BRIN yang diikuti dengan resources sharing antarlembaga, termasuk akses fasilitas laboratorium. Di Belanda, lembaga riset kampus dan litbang kementrian sudah semakin terintegrasi. Begitu pula di Jepang," tutup Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id