3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Mengikuti Tes Beasiswa

    Gervin Nathaniel Purba - 06 Oktober 2020 21:16 WIB
    3 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Mengikuti Tes Beasiswa
    Ada tiga tips untuk para peserta beasiswa OSC Medcom.id (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Tes seleksi beasiswa OSC Medcom.id tinggal sebulan lagi. Para peserta diminta untuk semakin matang dalam menyiapkan diri dengan giat berlatih.

    Tes tahap pertama akan dilaksanakan pada 7 November 2020. Setiap peserta akan diberikan 50 soal pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 120 menit. Peserta wajib mengerjakan soal menggunakan perangkat laptop atau komputer yang koneksi jaringan internet.

    OSC Medcom.id menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswa S1 maupun S2, yaitu bebas uang pangkal 100 persen dan bebas uang kuliah hingga selesai di 19 perguruan tinggi swasta mulai dari Pulau Jawa hingga Sulawesi. 

    Agar semakin mantap dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes, Owner & Founder Bimbel SMARRT Riky Riandie membagikan tiga tips untuk para peserta beasiswa OSC Medcom.id.

    1. Disiplin Belajar

    Persiapan bisa dilakukan dengan rajin melakukan review materi dan mengerjakan latihan soal. Latihan harus dilakukan sejak awal untuk menghindari kebiasaan SKS (sistem kebut semalam) yang kerap dilakukan para siswa. SKS pada umumnya tidak akan efektif.

    "Ini melatih siswa agar menghargai proses daripada hasil. Harus ada usahanya. Jadi, jangan cuma maunya dapat beasiswa 100 persen, tapi pelajaran sekolah enggak dikerjakan," ujar Riky, melalui Instagram Live OSC Medcom.id, Selasa, 6 Oktober 2020.

    2. Percaya Diri

    Riky mengimbau kepada para peserta untuk lebih percaya diri ketika menghadapi soal tes beasiswa OSC Medcom.id. Tentunya, dengan rajin berlatih.

    Di Bimbel SMARRT, kata Riky, pihaknya membantu mengarahkan murid dalam menghadapi soal. Pada soal matematika, misalnya. Bimbel SMARRT akan membantu memberikan cara termudah untuk menemukan jawabannya.

    "Kami fokus kepada hal-hal yang kita sederhanakan, sehingga siswa lebih familiar dengan  soal," ujar Riky.

    3. Tenangkan Pikiran 

    Jika pada umumnya H-1 menjelang tes beasiswa masih banyak yang belajar dengan melakukan latihan soal, Riky menganjurkan hal sebaliknya. 

    Dia berpendapat, terlalu memforsir diri untuk belajar justru akan membuat pikiran jenuh dan mudah lelah. "Ketika besoknya tes, malah jadi malas, dan susah berpikir," kata Riky.

    Selain itu, para pelajar cenderung lebih tidak percaya diri ketika melakukan ujian, mudah deg-degan, dan merasakan tekanan lebih besar.

    "Jadi, seandainya gagal, tekanannya enggak sebesar pada H-1. Jangan juga bergadang, karena besoknya malah mengantuk," kata lulusan terbaik UNPAR itu, yang sudah mendapatkan medali perunggu Olimpiade Sains Nasional Kimia.

    Mumpung masih ada waktu, Bimbel SMARRT masih terbuka untuk seluruh peserta OSC Medcom.id yang ingin berlatih. Apalagi, sekarang sedang ada promo khusus.

    Bimbel SMARRT membuka paket khusus senilai Rp74.900 selama sebulan. Bedanya dengan paket reguler seharga Rp99.900, ialah tidak ada kelas live. Materi video yang dibagikan juga hanya setengahnya saja.

    Pembayarannya mudah. Bisa melalui potongan pulsa, Gopay, kartu kredit, dan debit. Untuk pembayaran melalui pulsa, Riky mengimbau hal ini perlu diperhatikan agar nominal pulsa benar-benar cukup.

    "Lebihkan 25 persen (pulsa), sebab sistem provider memberikan charge admin," katanya.

    Cara mendafatar Bimbel SMARRT juga mudah. Dengan membuka akun YouTube Bimbel SMARRT di sini, lalu klik join. Khusus pengguna iOS harus membuka YouTube melalui browser Safari atau Chrome agar bisa mengklik tombol join. Setelah itu, akan tersedia pilihan paket tes persiapan OSC.

    Jika Anda belum mendaftar beasiswa OSC Medcom.id, ayo segera daftarkan diri melalui laman https://osc.medcom.id/register.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id