Surat Keterangan Bebas Covid-19 Jadi Syarat Wajib UTBK di IPB

    Arga sumantri - 12 April 2021 18:59 WIB
    Surat Keterangan Bebas Covid-19 Jadi Syarat Wajib UTBK di IPB
    UTBK di IPB University. Foto: Humas IPB



    Bogor: Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dimulai hari ini. Sekitar 15 ribu siswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di IPB University.

    "Dalam sehari akan ada sekira 1.200 peserta yang akan masuk di empat lokasi kampus IPB University," kata Ketua Pelaksana UTBK IPB University Drajat Martianto dalam keterangan tertulis, Senin, 12 April 2021.






    Jumlah tersebut, kata dia, belum termasuk pengantar. Diperkirakan, jumlah pengantar dapat mencapai lebih dari 1.200 orang yang akan memasuki kampus-kampus IPB University .

    Pelaksanaan UTBK kali ini terbagi menjadi empat lokasi, yaitu Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Cilibende, Kampus IPB Gunung Gede dan Kampus IPB Baranangsiang. "IPB University menerapkan kebijakan yang sangat ketat terkait protokol kesehatan, sehingga prinsip kehati-hatian adalah prioritas kita," ujar dia.

    Baca: Ketat, UNP Tak Sediakan Ujian Susulan Bagi Peserta UTBK yang Telat

    Ia menekankan, IPB University mewajibkan seluruh peserta untuk membawa surat keterangan bebas covid-19. Baik rapid antigen maksimal tiga hari sebelumnya, maupun GeNose.

    Bagi peserta yang tidak membawa surat bebas covid-19, tidak diizinkan mengikuti tes UTBK. Peraturan ini juga berlaku bagi petugas tes UTBK, baik petugas komputer, pengawas, maupun petugas lain yang berkaitan dengan pelaksanaan tes UTBK. Bahkan, petugas akan mengikuti tes covid-19 setiap dua hari sekali.

    Meskipun sudah membawa surat keterangan bebas covid-19, peserta tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta wajib mematuhi aturan 5M sebagai upaya pencegahan penularan covid-19.

    "Kami berharap, peserta  patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti seluruh aturan yang diterapkan selama penyelenggaraan UTBK di IPB University," ungkapnya.

    Guna memberi kemudahan bagi peserta yang belum sempat melakukan tes covid-19, mulai siang ini dan hari-hari berikutnya, IPB University akan membuka layanan tes swab antigen di Poliklinik Kampus IPB Dramaga, Bogor. Pada 13-18 April, layanan swab antigen di Poliklinik IPB Dramaga dibuka mulai pukul 06.00 WIB.

    Selain Poliklinik IPB Dramaga, peserta juga bisa melakukan tes GeNose di area pool Damri Baranangsiang mulai pukul 09.00 WIB atau di klinik-klinik terdekat dengan lokasi ujian.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id