KPAI Terima Empat Pengaduan Terkait PPDB

    Arga sumantri - 09 Juni 2021 14:40 WIB
    KPAI Terima Empat Pengaduan Terkait PPDB
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah



    Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut baru menerima empat pengaduan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga Selasa, 8 Juni 2021. Pengaduan pertama berasal dari Kuningan, Jawa Barat. 

    Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, pengadu pindah domisili ke Surabaya, Jawa Timur, namun tidak bisa mengikuti PPDB sistem zonasi. Sebab, kartu keluarga baru yang dimilikinya belum satu tahun.

     



    Kemudian, pengaduan kedua berasal dari Sumatra Utara. Pengaduan yang masuk terkait hal teknis. Anak pengadu memilih sekolah A, namun ketika selesai mendaftar terteranya di sekolah B.  

    "Adapun dua pengaduan lagi berasal dari DKI Jakarta, pengadu mempermasalahkan jalur prestasi yang menggunakan akreditasi sekolah melalui persentil sehingga merugikan anak pengadu," kata Retno melalui keterangan tertulis, Rabu, 9 Juni 2021.

    Baca: KPAI: Terobosan DKI Libatkan SMA Swasta dalam PPDB Patut Ditiru

    Senin, 7 Juni 2021, Retno mengaku melakukan pengawasan ke Posko PPDB Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Saat pengawasan, selain bertemu Ketua Panitia PPDB dan sejumlah pejabat Disdik DKI Jakarta. Retno juga melakukan pendaftaran online PPDB pada pukul 09.00 WIB untuk putra bungsunya yang akan mendaftar masuk SMP Negeri. Namun, gagal login karena sistem PPDB sedang mengalami gangguan.

    Hasil pantauan melalui media sosial sepanjang, ada sebagian kecil pendaftaran berhasil masuk sistem. Namun sebagian besar belum bisa, sehingga banyak netizen yang meluapkan kemarahannya melalui media sosialnya. 

    Selasa, 8 Juni 2021, Retno kembali melakukan pengawasan PPDB di posko PPDB Jakarta Pusat wilayah dua yang bertempat di SMAN 30 Jakarta Pusat. 

    Retno juga mengaku menerima banyak keluhan masyarakat melalui sosial media pribadinya tentang kesulitan pengajuan akun.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id