Kemendikbudristek: Kebudayaan Menjadi Pandu Menuju Normal Baru

    Ilham Pratama Putra - 26 Oktober 2021 12:24 WIB
    Kemendikbudristek: Kebudayaan Menjadi Pandu Menuju Normal Baru
    Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid (kanan). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan



    Jakarta: Pekan Kebudayan Nasional (PKN) 2021 mengangkat tema Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan. Tema ini akan mengangkat kembali kearifan lokal nusantara dalam pengelolaan sandang, pangan dan papan.

    Menurut Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid, kebudyaan leluhur itu sangat relevan dalam menghadapi tantangan hari ini dan ke depan. Salah satunya dalam mempertahankan alam.

     



    "Singkatnya kebudayaan mestinya menjadi pandu menuju normal baru," tutur Hilmar dalam konferensi pers daring Peluncuran PKN, Senin 25 Oktober 2021.

    Menurutnya kebudayaan yang telah dibangun ribuan tahun lalu menyimpan jalan keluar dari permasalahan hari ini. Untuk itu PKN hadir untuk menggali kembali kearifan lokal tersebut.

    "PKN menghimpun aneka insiatif dari bawah untuk mengubah tatanan normal lama yang tidak berkelanjutan," ujarnya.

    Melalui PKN, kata dia, masyarakat akan kembali melihat praktik sosial sehari-hari yang terbukti menghasilkan tata hidup yang berkelanjutan. Misalnya saja dalam hal sandang.

    "Budaya kita punya khazanah sandang yang ramah lingkungan, seperti terlihat penggunaan serat dan pewarna alam tanpa limbah telah lama kita praktikkan. Dalam hal pangan, kita punya pengolahan pangan tradisional yang membangun kesimbangan ekosistem, begitupun dalam konteks papan," tutur Hilmar.

    Baca juga: PKN 2021 Angkat Potensi Sektor Kebutuhan Dasar Manusia yang Berkelanjutan

    PKN 2021 hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup, memutar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan. Lewat PKN kata dia, masyarakat dapat menemukan arus kebudayaan dari bawah yang melontarkan Indonesia lebih baik di masa depan.

    "Kita maju ke cara hidup baru yang berkelanjutan," tutupnya.

    Gelaran PKN ini akan berlangsung pada 5 sampai 12 November 2021. Gelaran PKN 2021 ini dapat diikuti secara daring melalui laman PKN.id platform kanal budaya indonesiana.tv.

    Beberapa program utama dalam PKN 2021 ini di antaranya kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) yang diikuti berjenjang. Mulai dari tingkat kabupaten atau kota hingga provinsi yang akan menyajikan visi masa depan alternatif.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id