Kampus Merdeka-Merdeka Belajar

    Ditanya Presiden Soal Kebutuhan Kampus Agar Berlari Kencang, Ini Jawaban Rektor IPB

    Ilham Pratama Putra - 16 Juni 2021 12:56 WIB
    Ditanya Presiden Soal Kebutuhan Kampus Agar Berlari Kencang, Ini Jawaban Rektor IPB
    Rektor IPB, Arif Satria. Foto: Youtube



    Jakarta: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria berharap adanya dukungan pemerintah agar program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar dapat berlari kencang di perguruan tinggi. Arif menginginkan adanya regulasi yang mendukung implementasi program tersebut.

    Pernyataan ini disampaikan Arif di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim di Festival Kampus Merdeka.  Saat itu Presiden menanyakan kepada Arif yang juga Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) ini tentang apa saja yang dibutuhkan perguruan tinggi agar dapat berlari kencang dalam menyukseskan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

     



    "Bagaimana menciptakan regulasi yang kondusif. Bagaimana membuat undang-undang guru dan dosen bisa memuat kualifikasi dosen, bagaiman agar mempermudah kampus mencari praktisi yang master," kata Arif dalam Festival Kampus Merdeka dikutip Rabu 16 Juni 2021.

    Baca juga:  Jokowi: Mahasiswa Jangan Hanya Belajar di Kampus

    Kemudian dia berharap sistem akreditasi juga dapat dimerdekakan. Guna menciptakan ekosistem kampus yang merdeka.  "Begitu juga statua perguruan tinggi ini perlu di-reform agar disesuaikan dengan kondisi yang ada," sebut dia.

    Pada prinsipnya, perguruan tingi harus didorong melakukan perubahan dalam dunia pendidikan. Perubahan harus dilakukan dengan cepat.

    "Butuh growth mindset, adaptif mindset, future mindset dan butuh skill set. Sehingga reform kurikulum itu jadi keniscayaan shingga integrasi akademik dan nonakademik itu jadi keniscayaan," tutup Arif.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id