Guru Besar UGM Positif Korona

    Ilham Pratama Putra - 18 Maret 2020 18:42 WIB
    Guru Besar UGM Positif Korona
    Kampus UGM, UGM/Humas.
    Jakarta: Salah satu guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) berinisial ID dinyatakan positif terinfeksi virus korona atau coronavirus disease (covid-19). Saat ini ID masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Sardjito.

    “UGM  memberikan dukungan sepenuhnya bagi perawatan beliau dan keluarganya. Kami selalu berkomunikasi dengan keluarga secara intensif dan keluarga sangat menghargai perhatian dan atensi yang diberikan oleh kolega, kerabat dan media atas kondisi beliau,” tutur Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna, dalam keterangannya kepada Medcom.id, Rabu, 18 Maret 2020.

    Informasi ini disampaikan oleh pihak UGM dan rumah sakit Sardjito atas persetujuan dari pihak keluarga juga UGM guna menanggapi informasi yang beredar.  Pihaknya menjelaskan, ID dirujuk ke Rumah Sakit Sardjito pada 15 Maret 2020.

    Untuk selanjutnya pihak rumah sakit melakukan perawatan, isolasi, serta pemeriksaan dengan standar covid-19.  "Salah satunya dengan mengirimkan sample swab ke Balitbangkes pada Senin, 16 Maret 2020. Selama menjalani perawatan, pasien dikelola di ruang isolasi khusus," jelas Paripurna.

    Baca juga:  Satu Mahasiswa IPB Positif Korona

    Hasil swab oleh Litbangkes diinformasikan kepada Dinas Kesehatan Yogyakarta.  Paripurna mengungkapkan, saat ini keluarga mengharapkan pengertian dari seluruh kolega untuk ikut menjaga privasi pasien agar mempercepat proses kesembuhan beliau. 

    “Kami juga berpesan agar kolega dan kerabat yang dalam waktu tiga minggu yang lalu bertemu dan melakukan kontak dekat dengan beliau untuk melakukan screening di fasilitas kesehatan terdekat yang memberikan layanan diagnosis dan perawatan covid 19,” paparnya.

    UGM beberapa waktu yang lalu telah melakukan langkah-langkah proaktif bagi pengendalian outbreak covid-19. Senin, 16 Maret 2020 lalu Rektor UGM, Panut Mulyono telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Tanggap Darurat Covid-19 di lingkungan kampus UGM. 

    "Meminta seluruh sivitas UGM untuk tetap tenang dan tidak terpancing kepanikan, meminimalkan aktivitas di luar rumah, serta menghindari kerumunan. UGM juga membuka peluang bagi pegawai UGM bisa bekerja dari rumah masing-masing," kata Panut.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id