Dorong Pendidikan Karakter, Puspeka Kemendikbud Gelar Seminar Virtual Nasional Pusaka

    Gervin Nathaniel Purba - 15 Desember 2020 13:49 WIB
    Dorong Pendidikan Karakter, Puspeka Kemendikbud Gelar Seminar Virtual Nasional Pusaka
    Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menggelar Seminar Virtual Nasional Pusaka (Foto:Dok.Kemendikbud)



    Jakarta: Dalam rangka mendukung penguatan pendidikan karakter kepada generasi muda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menggelar Seminar Virtual Nasional Pusaka pada Kamis, 10 Desember 2020. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan membuka kegiatan tersebut.

    Seminar itu mengambil tema Generasi Cerdas Berkarakter Indonesia Maju Bermartabat. Seminar itu terbuka untuk orang tua, siswa (SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK/SMKLB, dan sederajat), mahasiswa, GTK/dosen, dan pelaku budaya. Seminar dapat diikuti pada Youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI dan Zoom, tanpa dipungut biaya.

     



    Dengan mengikuti seminar ini, para guru dan tenaga kependidikan baik pendidikan formal maupun non formal, serta dosen akan memahami pentingnya pelajar sepanjang hayat dalam penguatan karakter.

    Tidak hanya itu, seminar juga akan berguna bagi para pelaku budaya, yaitu seniman, budayawan, pamong budaya, dan pemangku adat, akan pentingnya pendidikan dan kebudayaan bersinergi untuk Indonesia Maju.

    Sementara, bagi siswa dan mahasiswa akan memahami pentingnya pelajar dan identitasnya sebagai Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila terdiri atas enam dimensi, yakni pelajar yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinnekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

    Profil Pelajar Pancasila mencerminkan sifat pelajar Indonesia yang berakhlak mulia, yakni memahami ajaran agama dan kepercayaannya, serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    Seminar akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan akan terbagi dalam tiga sesi. Acara dimulai di main room. Dilanjutkan dengan diskusi di tiga ruang diskusi kecil (BOR).

    Seluruh kegiatan seminar akan disiarkan secara live di YouTube. Sementara, khusus untuk sesi pembukaan akan tayang di TikTok.

    Peserta yang mengikuti seminar dan mengisi daftar hadir akan mendapatkan sertifikat. Selain seminar, akan ada juga pameran virtual, parade aksi, dan malam apresiasi.

    Pada kesempatan yang sama, Pusat Penguatan Karakter, Sekretariat Jenderal Kemendikbud juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pekan untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) Tahun 2020.

    Diselenggarakannya PUSAKA bertujuan untuk mengenalkan penguatan karakter pada tri sentra pendidikan secara lebih luas, memberikan dan menyajikan penguatan karakter dengan cara berbeda dan lebih menarik, dan memberikan ruang ekspresi bagi sahabat karakter dalam menyampaikan materi penguatan karakter.

    PUSAKA diselenggarakan pada 10 hingga 12 Desember 2020. Selain seminar virtual nasional, juga akan diselenggarakan pameran virtual cerdas berkarakter, parade cerdas berkarakter, dan malam apresiasi cerdas berkarakter.  

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id